oleh

Retribusi IMB di Lebak Lampaui Target

Kabar6-Target retribusi izin mendirikan bangunan (IMB) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak di tahun ini tercatat sudah malampaui target.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak Yosep M.

Holis, mengatakan, target retribusi IMB tahun ini sudah tercapai di triwulan pertama.

“Bahkan terlampaui. Dari target retribusi IMB tahun 2020 Rp2,25 miliar, capaian realisasi di triwulan pertama sudah sebesar Rp4,7 miliar,” kata Yosep kepada Kabar6.com, Sabtu (25/7/2020).

Terlampauinya target retribusi IMB, kata Yosep, salah satunya karena tindakan pengendalian yang memberi shock therapy kepada pengusaha-pengusaha nakal yang kedapatan belum memiliki IMB namun sudah melakukan pembangunan tempat usaha.

“Kami coba berikan shock therapy kepada pengusaha dengan memberhentikan-memberhentikan aktivitas pembangunannya. Langkah iniĀ  mereka mau tidak mau mereka harus mengurus izin,” ujar Yosep.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Lebak Enden Mahyudin, mengapresiasi capaian retribusi izin yang sudah terlampaui meski baru di triwulan pertama.

“Melihat capaian itu tentunya potensi retribusi IMB ini besar dan harus ditingkatkan sehingga targetnya bisa lebih tinggi. Jadi harus dimaksimalkan,” kata Enden.

Namun kata Enden, seiring dengan capaian tersebut, Pemkab Lebak harus tetap memperhatikan aspek lingkungan dan masyarakat dari setiap kegiatan usaha para investor.

“Aspek ekonomi masyarakat, aspek lingkungan wajib diperhatikan. Contoh, ada informasi tambak udang di selatan yang bangunannya melewati sempadan pantai, lalu soal galian tanah kemudian pembangunan minimarket yang jika tidak diperhatikan aspek ekonomi masyarakat kecil bisa mengancam keberlangsungan pedagang kecil,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

**Baca juga: Belajar Daring, Pelajar di Lebak Nebeng Wifi.

Aspek-aspek itulah yang diharapkan Enden juga harus tetap menjadi perhatian pemerintah kabupaten.

“Jadi bukan hanya menggenjot capaian retribusi tetapi juga wajib memperhatikan aspek-aspek lingkungan, ekonomi dan masyarakat,” tandasnya.(Nda)

Berita Terbaru