oleh

Restoran yang Selalu Berkonflik

ilustrasi bbsKabar6-Banyak pemilik usaha kuliner berlomba menyajikan menu makanan terbaik, yang diolah oleh chef profesional, demi menjaring para tamu agar puas dan betah menikmati aneka sajian di restoran mereka. Saat ini pun sudah menjamur hidangan yang berasal dari berbagai negara, dan dapat kita temui dalam satu restoran.

 

 

Tapi di Kota Pittsburgh, negara bagian Pennsylvania Amerika Serikat, terdapat restoran yang terbilang cukup unik, bukan hanya karena menyajikan masakan dari berbagai negara, namun menyajikan masakan dari sjumlah negara yang sedang berkonflik dengan Amerika. Restoran itu bernama Conflict Kitchen.

 

Robert Sayre, direktur restoran Conflict Kitchen, mengatakan bahwa tidak hanya mengetahui asal usul negara makanan yang dihidangkan, pembeli juga dapat mengetahui kebudayaan dan ciri khas makanan asal negara masing-masing. Restoran Conflict Kitchen berdiri pada 2010, atas ide Jon Rubin dan Dawn Weleski, seorang profesor seni Universitas Carnegie Melon. Untuk saat ini hidangan makanan yang disajikan berasal dari Afghanistan, Venezuela serta Kuba. Dan setiap enam bulan sekali jenis makanan ini akan diganti.

 

Menurut Sayre, restoran tersebut didirikan bukan untuk memberi semacam pernyataan politik, tetapi sekadar membangun pemahaman yang lebih baik. Misalnya saat konflik Amerika dan Irak bergejolak, restoran mereka tidak membahas dunia politik kedua negera tersebut, tapi membahas apa yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan rakyat Iran sehari-hari dan perasaan mereka, juga tradisi dan kebudayaan rakyat Iran.

 

Tidak sekadar menjual makanan, Restoran Conflict Kitchen pun aktif mengajak pembeli berinteraksi, misalnya dengan ikut merancang konsep pidato bagi Presiden Barack Obama yang akan ditujukan kepada pemerintah Iran. Pidato seperti ini kelak akan ditampilkan pada akhir bulan sebelum beralih ke makanan negara lain. Restoran unik yang terletak di tengah sebuah taman ini dalam sehari mampu melayani 200 hingga 300 pelanggan. Berniat mencoba?(bbs)

Berita Terbaru