oleh

Remaja 19 Tahun Temukan Rambut Tumbuh di Gusinya

Kabar6-Rambut umumnya tumbuh di bagian tubuh tertentu misalnya kepala. Namun kondisi yang dialami seorang remaja berusia 19 tahun asal Italia ini sungguh tak biasa.

Remaja yang tidak disebutkan namanya ini menemukan ada rambut tumbuh dari gusinya. Saat pertama kali memeriksakan kondisinya ke dokter di Universitas of Campania Luigi Vanvitelli, melansir sciencealert, ia didiagnosis menderita Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS).

Menurut National Institutes of Health, kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon seks dalam tubuh. PCOS dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan, gejala yang dikenal sebagai hirsutisme, termasuk kelebihan rambut wajah dan tubuh.

Operasi mulut pun dilakukan untuk menghilangkan rambut di gusinya. Selain itu, remaja ini diberi pil KB untuk membantu mengatur kadar hormon, sehingga rambut di gusinya tidak tumbuh lagi. Namun saat dia berhenti meminum pil KB yang diresepkan dokter, rambut di gusinya akan kembali tumbuh dan semakin banyak.

Disebutkan, kasus seperti ini sangat langka, dan sebelumnya hanya lima kasus serupa yang pernah terjadi, serta telah dilaporkan dalam literatur medis. ** Baca juga: Pencuri di Malaysia Ini Sengaja Melumuri Tubuhnya dengan Oli Agar Tidak Terlihat Korban

Dokter menyarankan untuk terus minum pil KB, dan melakukan rawat jalan untuk menghentikan rambut di gusinya tumbuh.(ilj/bbs)

 

Berita Terbaru