oleh

Rektor Untirta Diduga Lakukan Plagiarisme

Kabar6- Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Soleh Hidayat, diduga melakukan plagiarisme, untuk tulisan berjudul “Untirta Menuju Kelas Dunia”.

 

Artikel yang dimuat dalam salah satu surat kabar lokal terbitan 29-30 Januari 2010 lalu, dianggap merupakan plagiat dari artikel La Ode M. Aslan, yang berjudul “Impian Mendorong Unhalu Tahun 2025 Sebagai World Class University”.

 

Tulisan La Ode M. Aslan sendiri pernah dimuat dalam Surat Kabar Kendari Post pada 2009 lalu.

 

Menurut akademisi sekaligus dosen politik Untirta, Gandung Ismanto, masalah plagiarisme masih dianggap sepele di Untirta.

 

“Yang menjadi soal, penegakkan etika dan implementasi undang-undang ditambah pemahaman lama (kolot) masih kuat di tingkat rektorat Untirta. Makanya, masalah plagiasi masih dianggap sepele di Untirta,” ujarnya, Kamis (4/6/2015).

 

Setelah kasus ijazah palsu, dunia pendidikan Indonesia kembali dicoreng dengan munculnya kasus plagiarisme. ** Baca juga: Mabes Polri: Mapolres Tangsel Jangan Dilahan Sengketa

 

Diketahui, berdasarkan data dari Kemendikbud, pada 2013 tercatat sebanyak 808 plagiat yang dilakukan oleh dosen. Sementara kasus rektor yang terlibat plagiat dan diberhentikan terjadi di kampus Maranatha Bandung pada 2014.

 

Kasus ini menimpa Dr. dr. Felix Kasim MKes, yang saat itu menjabat sebagai rektor. (tmn/din)

Berita Terbaru