oleh

Rekayasa Jalur Mudik, Polda Banten Waspadai Pasar Tumpah

Kabar6-Menjelang datangnya musim mudik lebaran 1436 Hijriah, Polda Banten mulai menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di jalur mudik.

 

Langkah itu guna mengantisipasi kemacetan yang biasa terjadi saat momentum arus mudik dan balik Lebaran 2015 mendatang.

 

Rekayasa lalu lintas pun difokuskan di jalur mudik jelang Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

 

Salah satu rekayasa lalu lintas yakni dengan menutup dua U-turn atau jalur balik arah yang terletak setelah by pass Merak arah Pelabuhan Merak, tepatnya di depan Terminal Terpadu Merak.

 

Hal tersebut guna memberikan kelonggaran bagi kendaraan dari Gerbang Tol Merak yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

 

Kemarin, Kapolda Banten, Boy Rafly Amar, bersama sejumlah instansi terkait melakukan check point di sepanjang jalur mudik dari Kawasan Cikande, Kabupaten Serang hingga Pelabuhan Merak.

 

Kegiatan tersebut guna memastikan kesiapan pelaksanaan arus mudik, termasuk kesiapan rekayasa lalu lintas, jalan, posko istirahat pemudik, hingga titik penyeberangan di Pelabuhan Merak.

 

Kepala Polda Banten, Boy Rafly Amar, mengatakan rekayasa lalu lintas dilakukan guna mengantisipasi kesemrawutan saat puncak arus mudik Lebaran 2015 mendatang. ** Baca juga: Konsumen Tahu Anjlok, Pedagang di Kota Cilegon Resah

 

“Padat sudah pasti, tapi jangan sampai crowded dan terjadi konflik arus. Setelah fly over itu kan ada jalur sepeda motor bukan tol. Nanti diatur sedemikian rupa agar sepeda motor bisa masuk ke pelabuhan tanpa terganggu arus kendaraan dari tol. Jalur balik arah harus ditutup dan dialihkan menuju pintu pelabuhan,” kata Kapolda, Rabu (24/6/2015).

 

Polda Banten juga memastikan sterilisasi jalur mudik untuk menjamin kelancaran arus kendaraan. Selain melarang pemanfaatan bahu jalan untuk areal parkir, sejumlah petugas juga akan disiagakan di beberapa titik pasar tumpah guna memastikan pedagang tidak menempati badan jalan.

 

“Kami mengimbau kepada pengguna kendaraan, khususnya kendaraan besar untuk tidak parkir di bahu jalan pada H-7 Lebaran. Kami juga menempatan petugas di pasar tumpah, PKL jangan sampai turun dan memenuhi badan jalan,” ujarnya.(tmn/din)

Berita Terbaru