oleh

Redakan Nyeri Haid dengan Konsumsi 4 Makanan Sehat

Kabar6-Sudah menjadi rahasia umum, menjelang haid atau menstruasi biasanya kaum hawa mengalami suasana hati yang buruk, nyeri perut, serta menginginkan suatu makanan tertentu atau mengidam.

Kondisi seperti itu tentu saja akan mengganggu aktivitas harian Anda. Bagiaman solusinya? Melansir Health, terdapat sejumlah makanan sehat yang dapat membantu redakan nyeri haid. Apa sajakah makanan yang dimaksud?

1. Alpukat
Dapat membantu gejala kram dan kembung menjelang menstruasi. Alpukat mengandung kalium dan mineral, berfungsi sebagai diuretik alami yang mampu mengeluarkan kelebihan garam dan cairan pada tubuh. Potasium yang terkandung pada alpukat juga mampu melindungi dari kram otot dan menimbulkan rasa kenyang.

2. Cokelat hitam
Antioksidan yang terkandung dalam cokelat hitam mampu memicu dinding pembuluh darah menjadi rileks, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasinya. Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi satu setengah ons cokelat yang satu ini satu hari selama dua minggu dapat mengurangi tingkat hormon stres. Selain itu, cokelat hitam mengandung magnesiun dan mineral yang dapat membantu meringankan gejala menstruasi seperti kembung, kelelahan, dan rasa senewen.

3. Bit
Studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan 3.000 wanita dalam 10 tahun memiliki risiko rendah pada gejala menstruasi karena menerima asupan vitamn B1 dan B2 yang tinggi. Dan bit adalah salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin B1 dan B2.

4. Sarden
Sarden mengandung vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan untuk meminimalisir gejala menstruasi. Selain itu, sarden juga mengandung asam lemak omega-3 yang dinyatakan dapat membantu mengurangi kembung yang disebabkan oleh menstruasi, nyeri payudara, sakit kepala, dan kurangnya konsentrasi. ** Baca juga: Ogah Tubuh Melar, Sejumlah Makanan Ini Bikin Kenyang

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru