oleh

Realisasi Proyek di Banten Penopang Utama Pertumbuhan Ekonomi

Kabar6-Bank Indonesia (BI) memproyeksikan perekonomian Banten pada April – Juni tahun ini lebih baik dibandingkan triwulan pertama, dengan kisaran pertumbuhan ekonomi antara 5,52% – 6,01% (year-on-year).

 

Salah satu satu penopang utama bagi Provinsi Banten untuk menggenjot pertumbuhan ekonominya pada triwulan II/2015 adalah adanya realisasi pengerjaan berbagai proyek pemerintah daerah.

 

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Budiharto Setyawan, konstruksi termasuk dalam tiga sektor yang mampu mengerek ekonomi Banten selama April – Juni.

 

“(Selain konstruksi) sektor lain adalah perdagangan besar, eceran, dan reparasi kendaraan. Selain ini ada sektor transportasi dan pergudangan,” tuturnya, Senin (1/5/2015).

 

Selain realisasi investasi pemerintah, perdagangan akan berperan positif sejalan persiapan berbagai sektor niaga dan jasa jelang Ramadan.

 

Berdasarkan catatan BI, Provinsi Banten menunjukkan perlambatan pada triwulan pertama tahun ini (year-on-year). Pertumbuhan ekonomi yang pada triwulan IV/2014 tercatat sebesar delapan persen. Sedangkan tiga bulan pertama tahun ini hanya 5,69 persen. ** Baca juga: Promo Wisata Cegah Penurunan Okupansi Hotel di Banten

 

Penyebab perlambatan tersebut dari sisi permintaan ialah pengeluaran pemerintah yang mengalami kontraksi ditambah rendahnya ekspor dan impor. Hal ini merupakan imbas perlambatan nasional serta kondisi ekonomi negara mitra dagang yang pertumbuhannya meleset dari perkiraan. Belum lagi konsumsi rumah tangga yang tumbuh lebih kuat.

 

Sektor ekonomi yang tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan terakhir pada 2014 adalah pertanian, kehutanan dan perikanan. Hal ini terpacu dimulainya musim panen raya pada Januari – Maret 2015. (tmn/din)

Berita Terbaru