Home / Tangerang Raya / Kabar Pemda / Realisasi PBB Kabupaten Tangerang di 2018 Lampaui Target
Kepala Bidang PBB dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah atau Bangunan Bapenda Kabupaten Tangerang, Dwi Candra Budiman.(Tim K6)

Realisasi PBB Kabupaten Tangerang di 2018 Lampaui Target

Kabar6-Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2018 di Kabupaten Tangerang diklaim telah melampaui target.

Hingga awal Desember 2018, realisasi penerimaan PBB di kota seribu industri ini tercatat sebesar Rp366 miliar.

Kepala Bidang PBB dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah atau Bangunan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang, Dwi Candra Budiman mengatakan, target realisasi PBB tahun ini sebesar Rp 330 miliar. Sementara, hingga akhir tahun ini realisasi PBB tercatat sudah mencapai Rp366 miliar.

“Alhamdulillah, sekarang sudah melampaui target kurang lebih Rp36 miliar dari target awal Rp330 miliar,” ungkap Dwi, kepada Kabar6.com, Sabtu (08/12/2018).

Menurut Dwi, pencapaian target itu tidak terlepas dari kesadaran masyarakat selaku Wajib Pajak dalam menunaikan kewajibannya membayar pajak.

Tak hanya itu, penyediaan layanan yang disiapkan untuk mempermudah masyarakat membayar juga sangat berpengaruh terhadap pencapaian ini.

“Pencapaian ini tentu tak lepas dari sejumlah inovasi yang dilakukan, seperti percepatan proses cetak masal, pelayanan mobil keliling untuk membuka loket pembayaran PBB ke seluruh desa dan kelurahan secara terjadwal dan menjangkau 246 desa di 28 kelurahan, tilang SPPT bagi SPPT PBB yang menunggak, dan sistem cetak PBB online terpadu melalui website sicepot.tangerangkab.go.id, dimana masyarakat dapat mencetak SPPT PBB elektronik secara mandiri dengan mudah, efektif dan gratis,” tuturnya.

Dijelaskan Dwi, untuk proses pembayaran PBB, pemerintah daerah juga bekerja sama dengan ritel seperti Alfamart dan Indomaret.

“Pembayaran bisa dilakukan di Alfamart dan Indomaret terdekat. Tentu itu kami lakukan untuk mempermudah masyarakat dalam menjalankan kewajibannya,” ujarnya.

Lebih lanjut Dwi menuturkan, pihaknya juga menyediakan aplikasi berbasis android yang dapat diunduh masyarakat yang ingin mengetahui besaran tagihan PBB.

Sejumlah terobosan berbasis elektronik ini, memang sengaja dibuat agar memudahkan sistem pelayanan dan memaksimalkan penerimaan pendapatan daerah dalam mewujudkan pembangunan Kabupaten Tangerang Gemilang.**Baca Juga: Tipikor Polresta Tangerang Bakal Selidiki ADD.

“Melalui aplikasi iPBB yang dapat diakses di android masyarakat dapat mengecek tagihan pembayaran PBB dengan mudah, gratis, dan dimana saja,” pungkasnya.(ADV)

Check Also

kabar6.com

Airin Raih Walikota Entrepreneur Award 2018 Kategori Investasi

Kabar6-Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany meraih penghargaan Walikota Entrepreneur Award 2018 kategori Investasi ...