oleh

Realisasi PAD Lebak dari Uji Kir Capai 50 Persen, Targetnya Rp934 Juta

image_pdfimage_print

Kabar6-Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Lebak dari retribusi uji Kir pada semester pertama tahun ini sudah mencapai 50 persen dari target yang ditentukan.

“Target untuk tahun ini sebesar Rp934.500.000, dan realisasinya sudah masuk 50 persen,” kata Kabid Keselamatan Dinas Perhubungan (Dishub) Lebak, Dudi Mulyadi kepada Kabar6.com, Kamis (25/8/2022).

Membandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya, realisasinya tahun ini diakui mengalami kenaikan meski tidak signifikan.

“Tahun ini yang jelas tentunya lebih baik dari tahun kemarin ya, dan kita berharap tahun ini kondisinya sudah normal ya, aktivitas masyarakat sudah normal,” ujar Dudi.

Berbagai kebijakan dalam penanganan pandemi COVID-19, diakui Dudi, mempengaruhi pendapatan daerah dari sektor tersebut karena sangat sedikit kendaraan yang melakukan uji Kir sebagai pengujian kelayakan kendaraan secara teknis.

**Baca juga:Data Perkimtan Lebak, Ada 40 Ribu Rumah Tidak Layak Huni

“Ngaruh besar, aktivitas banyak dibatasi terutama jumlah penumpang di angkutan umum kan juga dibatasi,” ucap Dudi.

Meski tidak menyebut jumlahnya, namun Dudi memastikan bakal ada kenaikan terhadap target retribusi dari uji Kir di tahun 2023.

Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan capaian realisasi retribusi dari sektor tersebut.

“Termasuk salah satunya pada tahun kemarin kami ada pengurangan denda bagi yang terlambat. Uji Kir ini sangat penting untuk seluruh jenis kendaraan karena kita menjamin keselamatan dari segi teknis,” papar Dudi.(Nda)

Print Friendly, PDF & Email