oleh

Reaksi Apa yang Terjadi Saat Kulit Terkena Cairan Disinfektan?

Kabar6-Salah satu cara menjaga kebersihan selama pandemi COVID-19 adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun maupun antiseptik.

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang bingung untuk membedakan antara antiseptik dan disinfektan saat membeli produk untuk melindungi diri dari kuman dan virus.

Diketahui, antiseptik biasanya digunakan untuk bagian tubuh manusia misalkan kulit. Sementara disinfektan digunakan untuk disemprotkan pada permukaan benda mati.

Kekeliruan penggunaan disinfektan ke tubuh manusia, melansir Okezone, ternyata dapat menimbulkan masalah serius pada kulit. Disinfektan dapat menyebabkan dermatitis kontak, yaitu peradangan kulit yang dalam hal ini di picu oleh kontak terhadap bahan kimiawi. Dermatitis kontak yang terjadi dapat berupa reaksi iritasi atau reaksi alergi.

Reaksi iritasi lebih sering terjadi di bandingkan reaksi alergi. Reaksi kulit umumnya dapat berupa kulit kering, pecah-pecah, perih, dan gatal.

Produk antiseptik atau disinfektan dapat menimbulkan beberapa efek samping pada kulit, seperti merusak lapisan lemak pada kulit, merusak ikatan antara sel kulit, dan menurunkan kemampuan kulit dalam mengikat air.

Rusaknya lapisan lemak kulit terutama diakibatkan oleh detergen yang terdapat pada sabun dan alkohol, yang dapat menghilangkan lemak kulit. Nah, hilangnya lapisan lemak pada kulit tentu akan mengurangi fungsi perlindungan kulit.

Selain itu, bahan yang terkandung dalam antiseptik atau disinfektan seperti alkohol, pada umumnya lebih aman dibandingkan deterjen. ** Baca juga: Pilih 5 Aroma Alami yang Bantu Bikin Anda Bahagia

Meski demikian, alkohol juga dapat mengakibatkan kulit kering dan iritasi. Semakin tinggi konsentrasi alkohol yang dipakai, kulit dapat menjadi semakin kering.

Disebutkan, ethanol cenderung lebih tidak iritatif di bandingkan n-propanol atau isopropanol. Beberapa studi menemukan, formulasi dengan bahan dasar alkohol lebih dapat ditoleransi kulit di bandingkan bahan lain.(ilj/bbs)

Berita Terbaru