oleh

Rayakan Kelulusan, Siswa Ukraina Berfoto Pakai Gaun Merah di Reruntuhan Sekolah yang Hancur Akibat Serangan Rusia

Kabar6-Valeria (16) tak pernah menyangka foto dirinya saat perayaan kelulusan sekolah bakal menjadi viral di media sosial. Dalam foto yang diunggah, tampak remaja asal Ukraina ini mengenakan baju pesta berwarna merah menyala di lorong sekolah yang luluh lantak karena serangan Rusia.

Sebenarnya, Valeria memang sengaja berfoto di lokasi reruntuhan dengan tujuan hanya ingin menarik perhatian dunia atas apa yang terjadi di negaranya. Dalam video berdurasi 45 detik itu, melansir Skynews, terlihat Valeria memperagakan koreografi tarian yang akhirnya beredar luas di media sosial. “Ini sama sekali bukan tentang saya. Saya hanya ingin menarik perhatian (orang) tentang situasi yang terjadi (di Ukraina),” kata Valeria. “Kami yakin kami akan menang, karena kebaikan selalu menang melawan kejahatan.”

Valeria sendiri adalah anggota kelompok siswa di Kharkiv, salah satu area di Ukraina yang hancur lebur karena invasi Rusia. Para siswa tahun akhir di sekolah itu memutuskan untuk tetap menggelar pesta kelulusan yang biasa mereka lakukan tiap tahun, kendati kondisi sekolah mereka telah hancur lebur.

Bibi Valeria, Anna Episheva, juga ikut menulis dalam unggahan di Facebook. “Valeria dan teman sekolahnya telah menyiapkan perayaan kelulusan ini selama berbulan-bulan, merencanakan secara rinci dan memilih gaun dan setelan jas,” ungkap Episheva. ** Baca juga: Wanita AS Ini Bertemu Keluarganya Setelah Hilang 40 Tahun dalam Insiden Pembunuhan

“Tapi kemudian Rusia datang. Sekolahnya secara sengaja diserang dan hancur pada 27 Februari 2021. Hari ini, dia kembali ke apa yang tersisa dari sekolahnya dan rencana kelulusannya. Terima kasih, Valeria sayang, karena kuat dan berani, sangat bangga, saya sangat menyayangimu,” tulis Episheva.(ilj/bbs)