oleh

Ratusan Warga Jambe Demo Tolak Kuburan Cina

Kabar6-Sedikitnya 350 warga Kampung Jantungeun Gembor, Desa Mekar Sari, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, menggelar aksi demonstrasi penolakan terhadap pembangunan kuburan cina yan saat ini telah dikeluarkan izinnya oleh Pemerintah daerah setempat. Ratusan massa tersebut, menduduki kantor Desa Mekar Sari, Minggu (21/10/2012).

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mekar Sari, M. Abdul Rojak mengatakan, pembangungan kuburan cina diatas lahan seluas 20 hektar tersebut, sejak awal tidak disetujui oleh warga setempat.

Namun, akhir-akhir ini warga mendengar bahwa surat izinnya telah dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Tangerang.   

“Warga menolak keberadaan kuburan cina disini. Kami, minta Bupati Tangerang, Ismet Iskandar, agar mencabut kembali izinnya,” ungkap Rojak, yang juga menjadi koordinator aksi.

Ditambahkan Rojak, pihaknya mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar lagi, ketika tuntutan mereka tak di gubris oleh Pemkab Tangerang. Sebab, keberadaan kuburan cina tersebut, dinilai tidak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kalau mau bangun, jangan di wilayah ini. Silakan cari tempat lain saja,” kata Rojak kesal.

Diketahui, aksi unjuk rasa penolakan pembangunan kuburan cina tersebut, berlangsung sekitar pukul 13.00 Wib. Aksi yang melibatkan ratusan pemuda maupun orang tua ini berjalan tegang.

Mereka berteriak-teriak sambil memegang poster yang bertuliskan penolakan atas pembangunan kuburan cina di wilayahnya. Aksi ini juga dikawal ketat oleh petugas dari Polsek Tigaraksa.(din)

 

Berita Terbaru