oleh

Ratusan Ribu Anak Ayam di Iran Terpaksa Dikubur Hidup-hidup Karena Merugi Selama Pandemi COVID-19

Kabar6-Sebuah video di Iran menjadi viral karena menunjukkan gambar ratusan ribu anak ayam dikubur hidup-hidup. Dari video tampak ratusan ribu anak ayam diturunkan dari truk, dan dimasukkan ke satu lubang besar.

Sementara itu, bulldozer menutup lubang berisi anak-anak ayam itu dengan tanah. Mengapa hal itu dilakukan? Rupanya, melansir Kompas, kelangkaan pakan hewan ternak sebagai akibat pandemi COVID-19 menjadi penyebabnya. Berdasarkan keterangan dari seseorang yang ada di dalam video tersebut, total anak ayam yang dikubur hidup-hidup itu berjumlah 116.640 ekor.

Diketahui, Iran memang mengalami krisis penurunan harga ayam hidup. Pakan ayam berupa jagung dan kedelai pun ikut langka. Dengan harga ayam yang rendah dan kelangkaan pakan, peternak akan menjadi sangat kesulitan untuk menjalankan bisnisnya karena ongkos pemeliharaan ayam-ayam tersebut tidaklah sedikit.

Namun video penguburan ayam-ayam itu menuai protes dan kritik tajam dari sejumlah warganet. Banyak yang mengecam tindakan tersebut. Warganet menganggap para petani dan peternak itu tidak memiliki hati karena dengan sengaja membunuh ayam-ayam tersebut.

Kantor berita di Iran, ISNA, mengatakan bahwa peternak ayam di negara tersebut memang sedang menghadapi krisis yang sulit. Banyak keluhan yang datang dari peternak unggas semenjak wabah melanda Iran.

“Ada tujuan tertentu di balik menyebarnya video penguburan ayam-ayam itu di media sosial,” kata Mohammed Reza Sedigh, kepala asosiasi produsen anak ayam. ** Baca juga: Hadapi COVID-19, Seekor Gorila di Kebun Binatang Inggris Ikut Timbun Makanan

Sementara itu, status lockdown di Iran telah dicabut. Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengatakan bahwa kebijakan ‘smart distancing’ ini diberlakukan sebagai upaya melawan COVID-19 sembari menguatkan kembali ekonomi Iran yang memburuk akibat sanksi internasional.(ilj/bbs)

Berita Terbaru