oleh

Ratusan PKL Pasar Rangkasbitung Akan Direlokasi

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak berencana merelokasi ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitaran Pasar Rangkasbitung.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindagpas) Kabupaten Lebak Orok Sukmana mengatakan, rencana tersebut kini dalam tahap sosialisasi kepada pedagang melalui paguyuban dan stakeholder yang terkait.

“Kami lakukan pendataan dan jumlahnya ada 809 pedagang yang rencanannya masuk dalam data relokasi. Sekarang kami sedang sosialisasi soal ini kepada paguyuban dan stakeholder,” kata Orok kepada Kabar6.com, Senin (10/1/2022).

Ratusan pedagang tersebut merupakan pedagang yang sehari-harinya berjualan di beberapa titik, yakni Jalan Sunan Kalijaga, Jalan Tirtayasa, lorong utama Pasar Rangkasbitung dan pelataran tempat parkir kendaraan Pasar Rangkasbitung.

“Ini upaya menata para pedagang Pasar Rangkasbitung agar mereka tidak lagi berjualan di lokasi yang memang tidak seharusnya seperti di jalan maupun trotoar agar Pasar Rangkasbitung tidak lagi semerawut,” jelas pria yang belum lama ini dilantik sebagai orang nomor satu di Disperindagpas.

Terkait tempat yang jadi lokasi baru bagi pedagang yang dipindahkan, Orok mengatakan, lahan Terminal Curug yang berada di belakang Mapolres Lebak menjadi pilihan yang paling memungkinkan.

**Baca juga: Urus Kependudukan di Kota Tangerang Bisa Lewat Booth Layanan Dukcapil di Mall

Meski diakui jarak cukup jauh dari titik PKL berdagang saat ini, namun hanya lokasi tersebut yang sejauh ini bisa digunakan. Ia berharap, rencana relokasi tersebut dapat dipahami para pedagang dan seluruh pihak.

“Nanti kami juga harus fasilitasi mereka, artinya penertiban juga dibarengi solusi. Kita siapkan nanti anggarannya untuk lapak-lapak berjualan di sana. Jadi tolong dipahami ya, ini untuk kenyamanan pedagang, mereka tidak lagi terganggu dengan zonasi, jam operasional, cuaca dan lain-lain,” papar Orok.(Nda)

Berita Terbaru