oleh

Ratusan KM Jalur KA di Banten “Mandul”

Kabar6-Ratusan kilometer ruas jalur kereta api di Provinsi Banten, kini dalam kondisi tidak aktif.

 

 

Demikian diungkap Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten pada Ditjen Perkeretaapian Kementrian Perhububungan (Kemenhub), Bambang Drajat, Rabu (6/5/2015).

 

“Reaktivasi jalur KA potensial diperlukan,” ujarnya saat Rapat Koordinasi Sinergitas Perencanaan Daerang dah Nasional Pada 2016, di Tangerang.

 

Sedianya, merujuk data Kemenhub, total ruas jalur kereta api di Banten yang kini tidak aktif sepanjang 169 kilometer (KM). ** Baca juga: BNN Buru Pengedar Sabu Jaringan Lapas Tangerang

 

Jumlah itu adalah gabungan dari jalur kereta api yang ada di Banten. Di antaranya, di jalur Rangkasbitung – Labuan, sepanjang 66 KM.

 

Jalur Saketi – Bayah sepanjang 86 KM dan jalur Cilegon – Anyer Kidul sepanjang 17 KM. Ketiga ruas rute itu (eksisting) atau setara 51 persen dari keseluruhan jaringan yang ada di Pulau Jawa.

 

Sementara, adapun jaringan KA yang kini beroperasi di antaranya adalah, jalur Tanah Abang – Maja (double track) – Rangaksbitung sepanjang 73 KM, Rangkasbitung – Merak 69 KM serta Duri – Tangerang 20 KM.

 

“Total jaringan KA eksisting sepanjang 331 KM. Mengingat 169 KM tidak aktif, maka kini yang beroperasi hanya 162 KM,” ujarnya.(BC/tom migran)

Berita Terbaru