oleh

Ratusan Difabel Kota Serang, Awasi Pemilu 17 April Nanti

Kabar-Kaum Difabel Kota Serang yang berjumlah 444 orang, akan menggunakan hak pilih nya pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Selain menggunakan hak pilih, mereka pun ikut serta mengawasi berlangsungnya Pilpres dan Pileg di sekitaran Ibu Kota Provinsi Banten itu.

“Kita baru pertama kali sosialisasi bareng PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) Kota Serang. Untuk mengawasi pemilu kan dengan siapa saja,” kata Rudi Hartono, Komisioner Panwaslu Kota Serang, Banten, Rabu (3/4/2019).

Meski tidak Ada TPS khusus bagi Kaum difabel, namun semua TPS bisa digunakan oleh rekan-rekan yang memiliki kekurangan fisik dalam menggunakan hak pilihnya.

“Kita cek dulu (pemilih disabilitasnya) ada di TPS berapa, akses enggak ke bilik (suaranya), tanyakan dulu ke PPS butuh kamu nya apa, kalau tidak di respon, laporkan ke jalurnya. Jika tidak enak, laporkan ke PPDI biar Kita laporkan ke Bawaslu. Tapi harus ada bukti fisiknya,” kata Teguh Sulistyabadi, Ketua PPDI Kota Serang, Banten, Rabu (03/04/2019).

PPDI Kota Serang belum memiliki update, jumlah Difabel yang memiliki hak pilih dan ikut serta mengawasi. Lantaran, baru dua minggu lalu ada pendataan ulang.**Baca juga: Nyawa Pria Jatuh dari Flyover Pasar Ciputat Selamat.

“Semua ini sudah terdaftar, dua minggu lalu ada perekaman massal elektornik, belum keluar (jumlah pemilih updatenya), informasi daru MK kan bisa pakai suket. Kemungkinan mereka (penyandang disabilitas) bisa memilih di hari H,” ujarnya.(dhi)

Berita Terbaru