oleh

Ratusan Buruh Menggeruduk Kantor Bupati Tangerang: Ini Tuntutannya

Kabar6-Ratusan buruh yang bergabung dalam Ferdarasi Serikat Buruh Nusantara FDBN Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia KASBI menggeruduk kantor Bupati Tangerang untuk menindak tegas UUD No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau Cilaka.

Di ketahui, Aksi unjuk rasa di seluruh Indonesia ini juga dalam rangka memperingati hari jadi World Federation of Trade Unions WFTU yang Ke-76 Bertepatan pada 3 Oktober lalu.

Menurut Ade Mudiar Warman selaku Ketua umum KASBI, Pemerintah Daerah mempunyai kewenangan lebih untuk mensejahterakan rakyatnya dan buruh pada dasarnya hari ini tidak mendapatkan keadilan sama sekali pada penerapan UUD Omnibus Law.

**Baca juga: Ratusan Buruh Geruduk Kantor Bupati Tangerang, Ada Apa?

“Dalam hall ini kami melakukan aksi serentak di seluruh Indonesia, seluruh anggota Konfederasi KASBI tujuan nya sama menuntut pemerintahan daerah dalam dampak dari penerapan Omnibus Law,” ujar Ade Mudiar Warman Ketua umum KASBI saat di mintai keterangan saat di sela sela aksinya di depan kantor Bupati Tangerang, pada Kamis, (14/10/2021).

Bahwa dalam aksi unjuk rasa konfederasi KASBI menuntun 10 tuntutan kepada pemerintah Indonesia:

1. Cabut Omnibus Law dan seluruh PP turunanya; PP No. 34, No. 35, dan No. 37.

2. Tolak penghapusan upah sektoral, berlakukan kemabali upah sektoral kaum buruh seperti semula dan berlakukan kenaikan UMK 2022 sebesar 15 persen.

3. Stop PHK sepihak, stop union busting! Berikan jaminan kepastian kerja dan kebebasan berserikat.

4. Stop keriminalitas dan penangkapan aktivitas, bebaskan seluruh aktivitas gerakan rakyat yang di tangkap polisi dan di kriminalisasi.

5. Berikan persamaan hak dan perlindungan bagi Pekerja Rumah Tangga (PRT) dan seluruh buruh migrant; Sahkan RUU PPRT.

6. Angkat seluruh penyuluh KB (PLKB) dan penyuluh perikanan APPBI menjadi pegawai ASN, berikan Gaji dan hak-haknya sesuai ketentuan.

7. Jaminan dan lindungi kaum buruh di sektor industri: pariwisata, perhotelan, perkebunan, perkembangan, pertambangan, perikanan, kelautan, kontruksi, transportasi, driver online dan ojol.

8. Berikan vaksin gertis kepada kaum buruh dan seluruh rakyat Indonesia.

9. Usut tuntas kasus korupsi BPJS TK dan korupsi bansos pandemi Covid-19.

10. Tolak pemberangusan pegawai KPK, pekerjakan kembali 58 orang pegawai KPK seperti semula tanpa syarat.(CR)

Berita Terbaru