oleh

Rasanya Lezat, Tapi 4 Jenis Makanan Ini Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Kabar6-Saat mengalami sakit kepala, otomatis rutinitas harian Anda, termasuk pekerjaan di kantor dan rumah, tentu saja menjadi tertunda. Selain terasa nyeri dan berdenyut, kepala seolah berputar-putar hingga membuat penderitanya terkadang pingsan.

Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan sakit kepala seperti stres, kurang tidur, telat makan dan sebagainya. Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa sakit kepala ini juga bisa dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. Melansir Dream, berikut empat jenis makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala:

1. Cokelat
Ini mungkin mengejutkan, tetapi cokelat memang bisa menyebabkan sakit kepala. Beberapa cokelat mengandung cocoa dalam jumlah rendah.

Namun kandungan bahan kimianya seperti tyramine dan kafein bisa menjadi penyebab sakit kepala. Bahan-bahan ini bahkan bisa menyebabkan migrain.

2. Pemanis buatan
Pemanis buatan dan pengganti gula seperti sakarin, acesulfame, aspartame, neotame, dan sucralose sering ditambahkan ke buah-buahan dan minuman untuk membuatnya lebih manis. Namun sayang, beberapa di antaranya dapat memicu sakit kepala hebat pada manusia.

3. Es krim
Makanan penutup favorit ini ternyata bisa menyebabkan sakit kepala mengerikan. Karena mengalami proses pendinginan buatan, suhu es krim dapat mengganggu aliran darah ke otak.

Akibatnya, saraf merespons dengan menyebabkan pembuluh darah membengkak yang pada gilirannya menyebabkan sakit kepala. ** Baca juga: Menurut Penelitian, Liburan Bersama Ibu Bantu Panjang Umur

4. Kacang
Banyak yang menikmati kacang sebagai camilan. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa kacang mengandung bahan kimia yang disebut tyramine.

Jika mengonsumsi kacang terlalu banyak secara bersamaan, bahan kimia tyramine bisa mengakibatkan sakit kepala migrain. Bahkan mentega kacang yang terbuat dari kacang bisa memiliki efek yang sama.

Usahakan mengonsumsi keempat jenis makanan tadi dalam porsi wajar alias tidak berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru