oleh

Rasa Manis Tidak Hanya dari Gula Pasir, Ini Alernatif Penggantinya

Kabar6-Meskipun membuat makanan atau minuman menjadi tambah lezat, penggunaan gula pasir yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Sayangnya, banyak orang kadang tidak sadar sebanyak apa gula pasir yang telah dikonsumsi per hari.

Padahal, konsumsi gula pasir berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Di sisi lain, tidak sedikit orang yang sulit lepas dari makanan atau minuman manis dan merasa ada yang kurang bila tidak mengonsumsinya.

Lantas, bagaimana solusinya? Melansir TabloidBintang, ada beberapa alternatif pemanis yang bisa menggantikan gula pasir. Apa sajakah itu?

1. Madu
Madu merupakan larutan yang mengandung 80 persen fruktosa atau gula buah dan air. Indeks glikemiknya (angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan) 30, separuhnya gula pasir di kisaran 58-65.

Kalorinya rendah dan kaya nutrisi. Madu yang lebih baik digunakan adalah madu alami yang belum diproses. Madu bisa dijadikan pengganti gula untuk teh, kue, dan sebagainya. Sebaiknya digunakan sedikit saja sesuai keperluan.

2. Gula kelapa
Indeks glikemik gula kelapa 35, sehingga risiko menaikkan gula darah lebih rendah dibandingkan gula pasir. Ada nutrisi di dalamnya, misalnya seng dan zat besi yang lebih tinggi daripada gula pasir, juga inulin yang merupakan jenis serat khusus yang bertindak sebagai prebiotik. Fungsinya sebagai suplemen untuk pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan.

3. Sirop maple
Sirop maple dibuat dari getah pohon maple yang berasal dari Amerika Utara terutama Kanada, mengandung banyak mineral seperti kalsium, kalium, mangan, fosfor, mangan, seng, dan zat besi, serta mengandung kalori lebih sedikit daripada madu.

Biasanya, sirop maple dipakai untuk mempermanis kopi dan teh. Untuk makanan, ditambahkan pada waffle dan pancake, juga berbagai makanan lainnya. Sirop maple juga dapat digunakan sebagai pengganti madu, bila Anda merasa madu terlalu manis.

Berbagai kandungan dalam sirup maple baik bagi kesehatan tubuh. Unsur antioksidannya bermanfaat sebagai antikanker dan antidiabetes. Kandungan seng dan mangan secara bersama-sama berperan menjaga sistem kekebalan tubuh. ** Baca juga: Bolehkah Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat?

Jadi rasa manis tidak melulu harus dari gula pasir, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru