oleh

Rano Terima SaMA Award Dari Kemendikbud

Kabar6-Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memajukan dunia pendidikan diwilayahnya, kiranya tidak sia-sia. Faktanya, komitmen tersebut mendapat apresisasi dari pemerintah pusat.

Ya, Pemprov Banten menerima penghargaan School and Madrasah (SaMA) Award dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala Penelitian Pengembangan (Litbang) Kemendikbud, Furqon dan diterima langsung oleh Rano Karno, di Hotel Amaroosa, Jakarta Selatan, pada Kamis (27/11/2014).

Sedianya, SaMa Award tersebuit diberikan kepada pemerintah daerah yang telah berperan aktif mendukung pelaksanaan akreditasi sekolah dan madrasah di wilayahnya masing-masing.

Selain Provinsi Banten, ada sejumlah kepala daerah lain yang juga menerima penghargaan serupa. Yakni Jawa Timur, Gorontalo, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Aceh, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY.

Kepala Balitbang Kemendikbud, Furqon, mengatakan Pemprov Banten dinilai telah memberikan banyak dukungan untuk proses akreditasi sekolah/masdrasah di wilayah Provinsi Banten.

Diantaranya dengan mengalokasikan dana APBD untuk membantu Badan Akreditas Provinsi (BAP) serta memberikan fasilitas kepada BAP untuk menunjang tugas sehari-hari.

Furqon yang bertindak mewakili Mendikbud Anies Baswedan, mengatakan bahwa program pemberian penghargaan SaMa Award ini sangat baik sebagai apresiasi terhadap kepedulian dan dukungan pemda yang gencar meningkatkan mutu pendidikan melalui akreditasi.

Itu mengingat persaingan global di depan mata yang menuntut kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk bersaing. “Kita tidak bisa hanya terus berada di belakang mereka, kita sepakat untuk maju cepat dan mampu mengejar ketertinggalan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Banten, Rano Karno mengatakan akan terus memberikan dukungan dalam program-program pembangunannya terhadap proses akreditas sekolah dan madrasah di wilayah Provinsi Banten untuk melahirkan SDM Banten yang berkualitas dan handal.

Menurut Rano, Award yang diterimanya dapat dijadikan suport bagi program yang akan dijalankan. “SaMa Award bisa kita jadikan modal untuk melahirkan SDM Banten yang handal melalui dunia pendidikan,” tegas Rano.(ADV)

Berita Terbaru