oleh

Ramesh, Bocah ‘Batu’ Akibat Penyakit Langka

Ramesh, bocah 'batu'.(Boldsky)
Ramesh, bocah ‘batu’.(Boldsky)

Kabar6-Anda tentu pernah mendengar kisah dongeng tentang seorang anak yang dikutuk ibundanya menjadi batu lantaran durhaka. Namun bocah ‘batu’ yang satu ini bukanlah karena dikutuk.

Ramesh (11) mengidap penyakit langka disebut ichthyosis, yang membuat seluruh tubuhnya perlahan berubah menjadi batu. Kulit Ramesh berubah menjadi sisik tebal. Menurut dokter, kondisi ini terjadi ketika ada kerusakan gen yang diwariskan orangtuanya.

Ramesh bersama kedua orangtuanya.(Boldsky)
Ramesh bersama kedua orangtuanya.(Boldsky)

Penyakit ini membuat bocah asal Baglung, Nepal, tersebut tidak bisa berjalan atau bicara, dan tubuhnya menjadi kaku juga berbentuk bengkok. ** Baca juga: Orangtua Tidur, Anak 8 Tahun Ini Setir Mobil Ke Restoran Cepat Saji

“Kulitnya mulai mengelupas 15 hati setelah dilahirkan dan kemudian tumbuh lagi dalam bentuk yang sangat tebal. Kulitnya juga berubah menjadi mengeras dan berubah hitam. Kita tidak tahu harus melakukan apa untuk mengatasinya dan tidak ada yang mebantu kami,” ungkap sang ibu.

Dokter menyatakan bahwa tidak ada obat untuk penyakit ini. Dilansir dream.co.id dari Boldsky, mereka saat ini hanya dapat melakukan perawatan kulit sehari-hari dengan bantuan obat-obatan lainnya. Selama dua minggu, Ramesh diberi antibiotik untuk menghindari infeksi serta pelembap sebagai cara membuang kulit mati.

Kisah Ramesh ternyata menarik perhatian Brit Singer, Joss Stone, yang kemudian menggalang donasi untuk membantu perawatan medis, dengan mengadakan konser di Ibukota Kathmandu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru