oleh

Rambut Kemaluan Bisa Menandakan Kondisi Tubuh Anda

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ada salah satu bagian tubuh yang seringkali dilupakan oleh wanita, yaitu bagian rambut kemaluan. Letaknya yang tertutup bersama dengan organ intim, membuat wanita kerap mengabaikannya.

Tidak sekadar hiasan, rambut kemaluan memiliki fungsi yang vital untuk melindungi organ intim dari bakteri berbahaya dan juga untuk menjaga suhu organ intim agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas, karena posisinya yang tertutup.

Nah, tahukah Anda bahwa organ intim pun bisa menandakan kondisi tubuh? Dikutip dari Kawaii Beauty Japan, ini dia uraiannya:

1. Mulai menua
Menurut Raquel Dardik, MD, Gynecologist dari Amerika Serikat, ketika wanita sudah menopause, pertumbuhan semua rambut akan menjadi menurun, termasuk rambut kemaluan.

Tidak hanya itu, ketika Anda mulai menua pun rambut kemaluan juga bisa tumbuh uban sama seperti dengan warna rambut kepala. Jadi, jangan panik jika rambut kemaluanmulai menipis dan tumbuh uban. Itu artinya usia Anda sudah menua.

2. Mengecek hormon
Hormon dalam tubuh dapat mempengaruhi mood. Jika hormon sedang tidak bagus, Anda bisa menjadi mudah sedih, mudah lelah dan pertumbuhan rambut menjadi meningkat daripada biasanya.

Jadi, jika merasa rambut kemaluan lebih lebat dari biasanya, cobalah mengecek hormon Anda. Ini berarti indung telur atau kelenjar adrenal sedang memproduksi hormon testosterone yang menyebabkan pertumbuhan rambut kemaluan. Naiknya hormon testosterone ini tidak hanya secara alami, karena jika Anda sedang banyak mengonsumsi obat, bisa jadi obat itulah yang menjadi penyebabnya.

3. Mulai mengganti metode mencukur
Apakah Anda pernah merasa timbul benjolan merah dan sakit setelah mencukur bulu kemaluan? Nah, hal ini disebabkan oleh rambut yang tumbuh di dalam (ingrown hair). Mencukur rambut kemaluan memang bisa menyebabkan rambut tumbuh di dalam kulit sehingga menyebabkan sedikit terasa sakit dibandingkan ketika mencukur bulu pada bagian tubuh lainnya.

Rasa sakit ini akan menjadi semakin parah jika ada lapisan kulit berlebih. Karena itulah ada baiknya jika Anda melakukan eksfoliasi sebelum mencukur atau waxing rambut kemaluan.

4. Rambut kemaluan sudah semakin lebat
Jika Anda sering merasa organ intim gatal, itu tandanya Anda harus mulai mencukur bulu kemaluan. Sebenarnya rasa gatal timbul karena bakteri yang ada pada organ intim tersebut. Rambut kemaluan yang terlalu lebat dapat menjadi sarang bakteri. ** Baca juga: Makanan yang Disarankan Sebelum Tidur

5. Jerawat pada rambut kemaluan
Tidak perlu panik jika Anda menemukan jerawat yang menyebabkan sakit pada rambut kemaluan, karena hal tersebut adalah wajar. Selama tidak mengganggu, Anda tidak perlu khawatir, asalkan tidak dipegang-pegang. Beberapa penyebab timbulnya jerawat pada rambut kemaluan antara lain karena ketidakcocokan sabun atau bisa jadi karena lecet ketika mencukur rambut kemaluan.

Yuk, lebih memperhatikan lagi organ intim kita.(ilj/bbs)

Berita Terbaru