oleh

Ramah Lingkungan, Medali Olimpiade Tokyo 2020 Dibuat dari Limbah Logam & Elektronik

Kabar6-Proyek medali Olimpiade Tokyo berhasil mengumpulkan sekira 80 ribu ton barang elektronik, meliputi enam juta smartphone, 32kg emas, 3.500kg perak, dan sekira 2.200 kg perunggu.

Ya, medali Olimpiade Tokyo 2020 mendatang memang dibuat dari limbah logam dan elektronik yang didaur ulang. Melansir theguardian, panitia mengumpulkan barang-barang tersebut dengan cara berkeliling ke sejumlah daerah. Sementara desain medali itu sendiri merupakan karya Junichi Kawanishi, pemenang kompetisi yang digelar panitia, mengalahkan setidaknya ada 400 peserta.

“Kami berharap proyek kami untuk mendaur ulang elektronik konsumen kecil dan upaya kami untuk berkontribusi pada masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan akan menjadi warisan Olimpiade Tokyo 2020,” demikian tulis situs web organisasi tersebut.

Disebutkan, ada 5.000 ribu medali emas, perak, dan perunggu yang dibagikan dalam 33 cabang olahraga. Sisi depan menampilkan logo Olimpiade Tokyo dan dewi kemenangan Yunani di bagian belakang.

Sementara itu, peluncuran medali Olimpiade Tokyo 2020 dilakukan pada seremoni untuk merayakan momen satu tahun jelang Olimpiade yang dihadiri oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, serta Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. ** Baca juga: Seorang Ayah Sengaja Keluarkan Anaknya dari Sekolah Agar Fokus Main Video Game

Olimpiade Tokyo 2020 dikenal juga dengan Olimpiade Musim Panas 2020 yang digelar di New National Stadium, Tokyo Jepang, mulai 24 Juli 2020 hingga 9 Agustus 2020.(ilj/bbs)

Berita Terbaru