oleh

Ramadan Tiba, Murid SD di Banten Alih Profesi Jadi Pengemis

Kabar6-Miris. Masa liburan sekolah yang seharusnya menjadi salah satu momen berekreasi bersama keluarga atau bermain bersama teman-teman, bagi sebagian anak-anak justru dimanfaatkan untuk beralih profesi menjadi pengemis.

 

Seperti yang terjadi di Perumahan Taman Banten Lestari (TBL), Kota Serang, Provinsi Banten. Ramadan kali ini banyak pengemis anak-anak yang keliling di sekitar perumahan tersebut.

 

“Supaya dapat uang aja. Awalnya ikut-ikutan teman keliling-keliling kompleks,” kata Gozli, salah satu siswa SD Kasemen yang menjadi pengemis, Selasa (23/06/2015).

 

Kemunculan pengemis cilik yang tak lain adalah siswa sekolah dasar tersebut, tentu saja dikeluhkan oleh warga perumahan TBL.

 

“Biasanya anak-anak ini datang pagi dan sore hari. Kadang sehari bisa tiga kali,” ujar Hayati Nufus, saat ditemui di teras rumahnya.

 

Menurut Hayati, munculnya pengemis cilik tersebut bisa jadi karena bulan puasa biasanya orang lebih banyak bersedekah.

 

Sayangnya, kemunculan pengemis cilik tersebut tidak lantas membuat Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang melakukan upaya preventif untuk mendidik siswa. Dinsos beralasan, pengemis yang beroperasi di perumahan bukan menjadi kewenangan mereka.

 

Dinsos hanya mengamankan pengemis yang beroperasi di jalan protokol yang mengganggu arus lalu lintas dan pemandangan. ** Baca juga: Airin Sentil Satpol PP Loyo Tegakan Regulasi Daerah

 

“Seharusnya saat liburan sekolah Dindik (Dinas Pendidikan) Kota Serang, menggelar aktivitas untuk para pelajar sehingga mereka tidak keluyuran,” kata  Syamsuri Dahlan, Kepala Dinsos Kota Serang. (tmn/din)

Berita Terbaru