oleh

Rakyat Korut Diminta Konsumsi Lebih Banyak Daging Kelinci Selama Lockdown COVID-19

Kabar6-Untuk menghadapi lockdown COVID-19 internasional di tahun kedua, pemerintah Korea Utara (Korut) meminta rakyatnya agar makan lebih banyak daging kelinci.

Berbagai organisasi PBB seperti Program Pangan Dunia dan sebagian besar kedutaan besar negara-negara asing, diketahui telah menarik staf mereka keluar dari Ibu Kota Korut, Pyongyang. Karena itu, sulit sekali mengetahui kondisi di Korut saat ini.

Media pemerintah sendiri telah berulang kali melaporkan tentang beternak kelinci tahun ini. Pemimpin Korut, Kim Jong-un, menyoroti prakarsa tersebut pada pidato pentingnya September lalu.

Kantor berita resmi KCNA, melansir dw, melaporkan bahwa Jong-un menyerukan untuk meningkatkan kambing dan ternak lainnya dalam jumlah meyakinkan, dan agar melaksanakan gerakan memelihara kelinci secara besar-besaran oleh seluruh rakyat, sebagaimana yang disebut dalam kebijakan Partai untuk mendapatkan ‘daging dari rumput’ di sektor peternakan, serta memberi perhatian untuk mengurangi unit konsumsi pakan secara maksimal dan meningkatkan kegiatan antiepizootik.

Sedangkan yang dimaksud kegiatan antiepizootik adalah sejumlah upaya untuk mencegah penyebaran penyakit di kalangan hewan. Sementara itu, ‘daging dari rumput’ adalah istilah yang digunakan Partai Pekerja yang berkuasa di Korut untuk mendorong rakyat, dan tentara pada masa-masa sulit, agar memanfaatkan semaksimal mungkin apa yang mereka miliki.

Korut sendiri mengandalkan bantuan dari sekutu-sekutu sosialisnya. Tetapi pada 1990-an, setelah runtuhnya Uni Soviet, Korut mengalami bencana kelaparan, dan sejak itu belum mampu memenuhi kebutuhan makanan rakyatnya. Para koki di restoran Potonggang Manbang di tengah kota Pyongyang sekarang juga memanfaatkan daging kelinci.

Bagi mereka yang memiliki uang, daging babi dan daging sapi adalah pilihan yang paling populer. Di negara itu juga tidak ada tradisi untuk menjadi seorang vegetarian. ** Baca juga: Mencoba Menyelamatkan Seorang Wanita yang Tenggelam, Pria di Inggris Ini Malah Tewas

Promosi mengenai pengembangbiakan dan makan daging kelinci di media pemerintah mungkin dapat menunjukkan bahwa apa yang tersaji di meja makanan sekarang ini lebih sedikit daripada biasanya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru