oleh

Rajin Membaca Miliki Sejumlah Efek Menguntungkan Bagi Kesehatan

Kabar6-Tidak sekadar mengisi waktu luang, membaca juga dapat menambah wawasan Anda, termasuk bisa membantu menjaga kesehatan otak. Adakah manfaat lain yang belum Anda ketahui?

Ternyata ada manfaat yang tidak kalah penting dari membaca. Melansir mirror.co.uk, ini empat manfaat yang dimaksud:

1. Daya tahan tubuh menjadi lebih kuat saat olahraga
Membaca dan daya tahan tubuh saat olahraga ternyata memiliki kaitan erat apabila Anda melakukan kedua kegiatan tersebut secara bersamaa. Ya, membaca ternyata bisa menjadi teman yang baik selama berolahraga.

Menurut Weight Watchers, konsentrasi membaca dapat membuat Anda betah berada di mesin latihan lebih lama. Namun seorang profesor fisiologi olahraga bernama Michele Olson, PhD, menyarankan Anda menggunakan alat khusus untuk menyangga bacaan agar tidak membungkukkan bahu saat berolahraga.

2. Bisa hilangkan stres
Menurut laporan Weight Watchers, membaca ternyata juga dapat menurunkan kadar hormon stres yang tidak sehat. Bahkan, dalam sebuah penelitian di Inggris, disebutkan bahwa tingkat stres bisa turun sebanyak 67 persen hanya dengan membaca, dibandingkan dengan mendengarkan musik atau bermain video game.

3. Tingkatkan empati
Peneliti York University berkata bahwa cerita yang Anda baca bisa memberikan perspektif yang mengubah hidup. Hal itu terjadi karena rasa keterlibatan Anda dalam kehidupan karakter akan memperkuat kemampuan untuk memahami perasaan orang lain.

Manfaat ini akan sangat berguna bagi Anda yang tidak sering bertemu banyak orang, tetapi bisa belajar banyak karakter melalui membaca. ** Baca juga: Bebas Stres dengan 5 Langkah Mudah

4. Buat lebih bahagia
Akhir cerita yang bahagia dapat membuat Anda lebih bersemangat menjalani hari. Tidak hanya happy ending story, tetapi berbagai perasaan positif yang terdapat di dalam bacaan bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, sekecil dan sehalus apa pun efeknya.

Atau bisa juga seperti ini, membaca cerita mengenai indahnya liburan di pantai, kemungkinan akan membuat bernostalgia tentang liburan Anda sendiri dan akhirnya membuat Anda merasa lebih bahagia.

Manfaat yang tak terduga, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru