oleh

Radang Hebat, Ternyata Ada Bawang Putih Membusuk dalam Telinga

Kabar6-Entah apa yang ada dalam pikiran pria asal Tiongkok yang tidak disebutkan namanya ini. Ia sengaja memasukkan bawang putih ke telinga, hingga dua bulan kemudian, telinganya mengalami peradangan hebat dan mengeluarkan bau yang sangat kuat.

Saat dibawa ke Rumah Sakit Sanhe, melansir Foxnews, seorang dokter spesialis THT bernama dr. Zhong Yijun mengatakan, awalnya ia hanya mengira benda yang ada dalam telinga itu adalah efek dari peradangan yang dialami pria tersebut.

“Aku melihat ada benda asing berwarna putih di dalam telinga kirinya. Aku tidak bisa menentukan secara jelas apa itu, tapi awalnya aku mengira itu hanya akibat dari peradangan,” ungkap dr. Yijun.

Saat ditarik, ternyata itu adalah bawang putih yang sudah membusuk. Usut punya usut, ternyata pri tadi meniru metode pengobatan untuk mengatasi infeksi yang ada di media sosial. Pengobatan itu menyarankannya untuk memasukkan bawang putih ke telinga.

Beruntung, meskipun sudah mengalami peradangan hebat, telinga pria itu masih bisa diobati. Dokter membersihkan telinganya dan meresepkan obat topikal untuk mengatasi peradangan. Ia juga mengingatkan untuk tidak mencoba hal-hal seperti itu lagi. ** Baca juga: Nyaman Dipakai, Pria India Ini Beli Masker dari Emas

“Jangan langsung mempercayai apa yang kamu baca, terutama terkait dengan pengobatan tradisional yang merekomendasikan untuk memasukkan benda ke dalam telinga, seperti bawang putih, jahe, bahkan cabai. Bahan-bahan dapur itu malah akan menghalangi saluran telinga hingga menyebabkan peradangan,” saran dr. Yijun.(ilj/bbs)

Berita Terbaru