oleh

Putri Mulyadi Jayabaya Menangi Hasil Hitung Cepat Pilkada Lebak

Kabar6-Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak Ishak Newton mengatakan, perhitungan cepat yang dilakukan lembaga survei dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lebak bukan merupakan hasil resmi dari Pilkada Lebak.

Penghitungan resmi atas peroleh suara tiga kandidat Bupati Lebak akan dilakukan pada 8 September 2013.

“Untuk perhitungan ditingkat PPS dijadwalkan pada tanggal 5 September,” kata Ishak kepada wartawan di Lebak, Banten, Sabtu (31/8/2013).

Sebelumnya, Saiful Mujani Research and Constulting (SMRC) mengeluarkan hasil hitung cepat. SMCR menyebutkan, anak Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, Iti Oktavia yang berpasangan dengan Ade Sumardi dinyatakan unggul.

“Perhitungan cepat dilaksanakan dengan memilih 200 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di setiap kecamatan di Kabupaten Lebak dengan margin of error atau toleransi kesalahan survei 1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” kata Adam Kamil, Senior Analis SMRC.

Artinya, jelas Adam, perolehan suara kandidat dari hasil quick count bisa digeser ke atas atau ke bawah sebesar 1 persen.

Untuk diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada Lebak sebanyak 894.394 dengan jumlah TPS sebanyak 1.987 yang tersebar di 28 Kecamatan.

Berdasarkan hasil hitung cepat SMCR, pasangan Iti-Ade yang diusung Partai Demokrat, PDIP, Hanura, Gerindara, PPP, PKS, PPNU, meraih suara 60,55 persen. Berikutnya, Amir Hamzah (Wakil Bupati Lebak saat ini) berpasangan dengan Kasmin (warga suku Baduy) yang didukung Partai Golkar meraih 36,24 persen suara.

Pasangan Pepep Faisaludin-Aang Rasidi yang maju dari jalur perseorangan mengantongi suara sebanyak 3,21 persen.(bbs/yps)

Berita Terbaru