oleh

Puncak Arus Mudik Idul Adha di Pelabuhan Merak

Kabar6-Puncak arus mudik Idul Adha 2020 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, diprediksi terjadi malam ini, Rabu 29 Juli 2020. Kenaikannya mencapai 10 persen dibandingkan hari normal.

Namun jika dibandingkan dengan arus penumpang Idul Adha tahun 2019, maka terjadi penurunan. Total ada enam dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif yang di operasikan.

Sedangkan kapal yang beroperasi mencapai 29 unit, dari total 62 kapal yang tersedia.

“Kenaikan 10 persen dibanding hari biasa, penumpang, sepeda motor, termasuk roda empat. Prediksi malam ini puncaknya. Dermaga ada enam yang beroperasi, kapal ada 29, yang disiagakan ada 62 kapal. Kalau secara normal dibanding tahun kemarin malah turun,” kata General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy, ditempat yang sama, Rabu (29/07/2020).

Sebelumnya sempat diberitakan bahwa ada ruangan isolasi khusus disetiap kapal yang berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung. Ruangan itu digunakan untuk menempatkan penumpang dengan gejala covid-19.

Selama berlayar, penumpang tidak diperbolehkan keluar dari ruangan, hingga sampai di pelabuhan. Ketika kapal sudah sandar, maka akan dijemput oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang selanjutnya dibawa ke rumah sakit (RS) terdekat untuk mendapatkan perawatan.

**Baca juga: APBD-P Provinsi Banten TA 2020 Turun Rp 3,36 Triliun.

“Penumpang di atas 37,5 derajat sementara di ruang isolasi di atas kapal, ruang kesehatan itu yang digunakan untuk mengisolasi sementara penumpang sampai turun. Kapasitas nya antara dua sampai tiga orang. Nanti setelah turun di pelabuhan, protokolnya diserahkan ke KKK sampai ke RS terdekat untuk ditangani,” kata Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Nurhadi.(Dhi)

Berita Terbaru