oleh

Puluhan Sekolah di Kota Tangerang Raih Adiwiyata Nasional 

Kabar6-Sebanyak 29 sekolah meraih Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sementara 7 sekolah kategori Adiwiyata Mandiri.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, kunci untuk meraih Adiwiyata adalah berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup berupaya untuk menjadikan sekolah sehat, rindang dan kondusif. Lantaran hal tersebut guna memberikan kenyamanan para siswa belajar.

“Sehingga kedepan anak-anak kita menjadi berkualitas untuk bangsa ini. Dan untuk tingkat Provinsi Banten sekolah kita juga meraih juara 1 baik SD dan SMP juga,” ujar Jamaludin kepada wartawan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (5/11/2022).

Ke depan, kata Jamaluddin, pihaknya tidak hanya melibatkan sekolah negeri. Namun untuk sekolah swasta akan dilibatkan. “Ke depan baik sekolah negeri untuk Adiwiyata, sekolah swasta juga kita libatkan bagaimana menjadikan sekolah sehat dan nyaman,” katanya.

Jamaluddin menjelaskan untuk sekolah yang menerima Adiwiyata Mandiri yaitu SDN Gondrong 3, SDN Karawaci Baru 6, SDN Gembor 2, SMPN 19, SDN Tangerang 14. Kemudian SDN Gondrong 2, dan SDN Keroncong Mas Permai.

Sementara, Adiwiyata Nasional yaitu SDN Sudimara Barat 5, SDN Bayur, SDN Karawaci 5, SDN Karawaci Baru 1, SDN Pinang 2, SDN Cipondoh 3. Kemudian SDN Batu Jaya, SDN Karawaci 4, SDN Karawaci 3, SMPN 16, SDN Uwung Jaya, dan SDN Pinang 4.

SDN Peninggalan 4, SDN Sukasari 3, SDN Periuk Jaya Permai, SDN Karawaci Baru 7, SDN Cibodas, SDN Sudimara 2, SDN Karawaci Baru 2, SDN Kunciran 8, SMPN 9, SDN Karang Tengah 5, dan SDN Pinang 1. Lalu ada SDN Panunggangan 9, SDN Petir 4, SDN Peninggalan 7, SDN Bubulak 2, SMPN 22, dan SDN Karawaci Baru 3.

**Baca juga:  Dirut Perumdam TKR Sofyan Sapar Paparkan Pengelolaan Air Terpadu ke Sekretariat Kabinet RI 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Tihar Sofyan mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup wajib memberikan pendampingan dan pembinaan kepada sekolah yang ditunjuk Dinas Pendidikan untuk Adiwiyata. Hal tersebut dalam rangka perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dilingkungan sekolah.

“Apabila dirincikan di kota Tangerang sejak tahun 2013 sampai tahun 2022 itu ada 29 untuk Adiwiyata Mandiri kemudian 139 yang Adiwiyata tingkat Nasional. Jadi alhamdulillah semua sekolah sudah Adiwiyata,” tandasnya. (Oke)

Print Friendly, PDF & Email