oleh

Pulau Hartog di Australia Hanya Dihuni 5 Orang

Kabar6-Salah seorang pelaut asal Australia bernama Dirk Hartog, terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni di kawasan Australia Barat. Hartog tiba pada 25 Oktober 1616, dan kemudian menamai pulau tersebut dengan namanya.

Penemuan ini, melansir MSN, kemudian menjadi penanda awal garis pantai Australia Barat muncul di peta dunia, dan Dirk Hartog menjadi orang pertama yang memetakan Australia Barat. Pada 1860, Dirk Hartog menjadi sebuah peternakan domba bagi setiap pasukan maritim atau orang-orang yang datang untuk membangun infrastruktur di dalamnya.

Pada 1993, seorang pria bernama Kieran Wardle datang untuk menangani ternak di peternakan domba sang kakek. Tak lama setelahnya, datang pula seorang wanita bernama Tory dari Melbourne yang bekerja sementara sebagai juru masak di properti milik sang kakek. Hingga akhirnya, Tory tak pernah kembali dan menikah dengan Kieran.

Keduanya lantas membangun rumah dari batu kapur dan memiliki tiga orang anak. Keluarga ini kemudian menjadi penghuni tetap pulau tersebut hingga saat ini.

Untuk menjalankan kehidupannya, Tory dan Kieran mengubah peternakan domba menjadi resor dengan enam kamar berteknologi ramah lingkungan.

Tenaga listrik yang digunakan untuk mengoperasikan properti mereka berasal dari panel tenaga surya. Air yang digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari dipompa menggunakan kincir angin. Pasokan daging didatangkan menggunakan kapal sebulan sekali. Buah dan sayuran segar didatangkan setiap minggu dan ikan dipancing sendiri tak jauh dari dapur.

Kini, Dirk Hartog Island menjadi destinasi wisata berbasis alam yang wajib dikunjungi ketika berada di Australia. Pulau ini berlokasi di kawasan warisan dunia Shark Bay dan terkenal dengan pantainya yang tenang, lanskap menakjubkan, serta sejarah Australia yang kaya.

Sesuai dengan lokasinya yang diberi nama Shark Bay, setidaknya ada 28 spesies hiu yang bisa ditemukan di teluk ini, dan juga 320 spesies ikan lainnya yang bermukim di kawasan laut tersebut. Apalagi kini di Dirk Hartog Island terdapat sebuah program pemulihan ekologi yang bertajuk Return to 1616.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa melakukan perjalanan Perth menuju Steep Point yang membutuhkan waktu sekira 14 jam dengan kendaraan roda empat. Dirk Hartog Island yang dikelola Kieran dan Tory memfasilitasi pengunjung dengan kendaraan roda empat dan trailer untuk mengeksplorasi Steep Point, titik terbarat di Australia.

Mereka juga memiliki kapal yang bisa digunakan pengunjung Dirk Hartog Island dan juga mengantar mereka ke tengah lautan. Namun Anda harus membawa seluruh kebutuhan sendiri seperti peralatan berkemah, bahan bakar, air minum, makanan, dan tentunya juga kendaraan. ** Baca juga: 5 Diet Aneh yang Pernah Dilakoni Kalangan Artis Hollywood

Seru, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru