oleh

PT SPM Diduga Keruk Solar Bersubsidi 100 Ton Sehari

Kabar6-PT Sinergi Permata Mulia (SPM), perusahaan penyalur BBM khusus kalangan industri ini, diduga mampu mengeruk Solar dari sejumlah SPBU yang tersebar se-Jabodetabek dan Banten, sebesar 100 ton sehari.

Hal ini, terungkap dari hasil penyelidikan dan penyelidikan yang dilakukan jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Cikupa, Kabupaten Tangerang, terhadap tiga tersangka, karyawan PT SPM yang saat ini ditahan di Polsek setempat.

Wakil Kepala Polsek Cikupa, Kabupaten Tangerang, AKP Suharyono mengatakan dalam sehari perusahaan milik Wawan alias Iwan Keling tersebut, ditengarai mengoperasikan 50 armada berbagai jenis dengan tangki modifikasi berkapasitas minimal satu ton.

“PT SPM ini, mampu mengumpulkan solar sekitar 100 ton sehari. Jaringan mereka cukup luas juga,” kata Suharyono, kepada wartawan Selasa (6/11/2012).

Jika dikalkulasi lanjut Suharyono, omzet PT SPM ini bisa mencapai Rp75 miliar sebulan. “Coba anda hitung, mereka beli dari SPBU seharga Rp4500/Liter. Terus mereka jual kembali ke industri seharga Rp.7 ribu hingga Rp9 ribu. Keuntungannya besar banget,” ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Cikupa, Komisaris Polisi Arrlon Simanjuntak menjelaskan, pihaknya telah menetapkan Bos PT SPM masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Saat ini imbuh Arlon, Polsek Cikupa telah mengerahkan sejumlah anggotanya untuk melakukan pengejaran terhadap mafia penyeleweng hak rakyat tersebut.

“Kami masih kejar pelaku utamanya. Dan tersangka yang saat ini ditahan, kami jerat dengan Pasal berlapis,” tandasnya.(din)

Berita Terbaru