oleh

PT Angkasa Pura II Kebut Pembangunan Terminal 3

Kabar6-Proyek perluasan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, menjadi prioritas PT Angkasa Pura (AP) II.

Prioritas grand design pengembangan Terminal 3 Bandara Soetta tersebut ditargetkan selesai pada April atau Mei 2016, didukung infrastruktur jaringan listrik dan air.

“Penyelesaian itu harus didukung infrastruktur jaringan listrik dan air,” kata Direktur Utama PT AP II, Budi Karya Sumadi, usai jumpa pers, Jumat (8/5/2015).

Nantinya, Terminal 3 Ultimate ditargetkan akan menampung 25 juta penumpang per tahun, yang dikerjakan dalam dua tahap penyelesaian. Tahap pertama pada Mei 2016 fokus kepada penyelesaian bangunan. Keseluruhan ditargetkan selesai pada Desember 2016.

Operasional Terminal 3 Ultimate ini bakal menaikkan kapasitas Bandara Soetta menjadi 45 juta hingga 50 juta penumpang per tahun. Sementara proses pembangunan Terminal 3 Ultimate saat ini mencapai sekitar 76 persen.

Desain terminal baru itu dirancang oleh Woodhead International asal Australia, yang akan dilengkapi dengan ruang pamer untuk memajang karya lukis dan patung seniman Indonesia.

“Kami harapkan seluruh konstruksi selesai pada Desember 2016 kami lakukan konsolidasi tiga bulan,” ujar Budi. ** Baca juga: Genjot PAD, Urus KIR di Tangsel Cuma 30 Menit

Program jangka pendek, lanjut Budi, AP II akan merenovasi Terminal 1 dan Terminal 2 yang diperkirakan turut menambah kapasitas kedua terminal menjadi dua kali lipat.

Menurut Budi, perseroan mempunyai waktu 1,5 tahun untuk merenovasi terminal ini mulai Juni 2015.(tmn/din)

Berita Terbaru