oleh

PSBB Diperpanjang, Dindik Kabupaten Tangerang Gunakan Radio untuk Belajar Online

Kabar6- Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang berencana menerapkan sekolah jarak jauh dengan memanfaatkan frekuensi radio. Terobosan ini mensiasati kebijakan sekolah online yang menimbulkan polemik terutama di kalangan masyarakat bawah.

Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang melalui Kepala Bidang Pendidikan SMP Fakhrudin mengatakan permasalahan timbul dari belajar online mulai kesulitan sinyal hingga terbatasnya kuota.

Sebagai solusinya, Dindik Kabupaten Tangerang mengintruksikan kepada sekolah bahwa belajar jarak jauh dengan mengoptimalkan frekuensi radio Tangerang 1 pada gelombang 9 1,0 FM.

“kami sedang menyusun SOP kaitan dengan menghadapi persoalan itu,” ujar Fakhrudun, Senin (10/8/2020).

Menurut Fakhrudin, sistem daring memang banyak menemukan kesulitan bagi daerah-daerah tertentu, dan tidak menutup kemungkinan orang tua dan anak belum memiliki alat komunikasi yang memadai,

**Baca juga: PSBB Kabupaten Tangerang Diperpanjang Hingga 23 Agustus.

“Kita kan bukan basis seperti bagian kota, bagian Selatan, Legok Tigaraksa, kita melihatnya seperti Gunung Kaler, Pantura yang masih kesulitan,” ujar Fakhrudin

Sementara metode belajar luar jaringan (Luring) dengan cara meminjamkan buku, dan guru melalui WhatsApp grup sekolah menginstruksikan untuk menyelesaikan soal-soal di bab pada buku tersebut, atau dengar cara anak dikumpulkan maksimal lima orang di RT/RW maka guru yang akan mendatanginya (CR)

Berita Terbaru