oleh

Proyek Rahasia Rusia ‘Radio Otak’ Ubah Manusia Jadi Senjata Mematikan

Kabar6-Perang Dingin mendorong para ilmuwan untuk membuat beberapa senjata dan gadget yang cukup luar biasa untuk menjaga Uni Soviet atau Rusia lebih unggul dari Amerika Serikat (AS).

Tak sedikit proyek potensial yang dilahirkan dalam upaya untuk menjadi unggul dengan musuhnya. Beberapa program ilmiah dan militer dari era Soviet masih beroperasi sampai sekarang, bahkan senjata laser dan sonik kini menjadi kenyataan.

Salah satu senjata rahasia yang pernah dikembangkan adalah ‘Radio Otak’, dibuat oleh insinyur listrik Rusia Bernard Kazhinsky pada 1923. Proyek ini, melansir rbth, akan mengubah manusia menjadi senjata mematikan dengan memengaruhi pikiran mereka melalui gelombang radio yang dikirim dari jarak jauh. Dengan konsep bahwa manusia adalah stasiun radio hidup yang dapat mengirim dan menerima sinyal, Kazhinsky mencoba mengubah manusia menjadi ‘senjata rahasia’.

Demi mewujudkan ambisinya itu, Kazhinsky mengunjungi Eropa dan Amerika Utara untuk memberikan kuliah tentang subjek tersebut. Namun proyek itu akhirnya mendapat dukungan dari otoritas Soviet. Pada 1924, Kazhinsky melakukan tes pertama di Moskow dengan menggunakan gelombang radio frekuensi rendah.

Kazhinsky menggunakan anjing sebagai media eksperimennya, berusaha memengaruhi anjing untuk mengambil buku tertentu dari tumpukan dan mengirimkannya ke ilmuwan di kamar sebelah.

Percobaan itu berhasil dan memancing minat Moskow untuk melanjutkannya, setelah dinas rahasia Rusia mengetahui proyek tersebut dan tertarik pada gagasan menggunakan radio untuk memengaruhi pikiran orang.

Karena dinilai sangat berbahaya, Kazhinsky berhenti mengerjakan proyek tersebut. Kemudian gagasan ini diadopsi oleh ilmuwan lain, meskipun tidak pernah benar-benar diterapkan.

Namun konsep itu akhirnya tak lagi dijalankan karena ketiadaan biaya untuk melakukan sejumlah eksperimen. Setelah tidak ada kemajuan berarti, proyek tersebut akhirnya dihentikan total oleh Rusia.(ilj/bbs)