oleh

Proyek Inovasi, Mahasiswa Universitas Sampoerna Tampilkan Botol Pengingat Minum

Kabar6-Dalam mengikuti Innovation Product, mahasiswa dari Universitas Sampoerna Jakarta Selatan melakukan penelitian terhadap kurangnya kesadaran minum masyarakat Indonesia yang menyebabkan dehidrasi.

Dari situ munculah gagasan dari tiga mahasiswa yang menciptakan suatu botol air minum yang berbunyi untuk mengingatkan kita minum.

DRREBO adalah produk nya, DRREBO singkatan dari Drink Reminder Bottle dalam Bahasa Indonesia berarti Botol Pengingat Minum, ide ini dicetuskan oleh Nisa Khoiriyah, Given Chris Yuenan, dan Asriyanti mereka bertiga adalah mahasiswa semester 1 teknik mesin dari Universitas Sampoerna.

Nisa Khairiyah sebagai Ketua Tim mengatakan, gagasan ini muncul karena kurangnya masyarakat untuk minum air putih dan menyebabkan dehidrasi.

“Kita mengambil ide dari kurangnya kesadaran minum masyarakat dan memang tergolong minim yang menyebabkan dehidrasi, dari dasar itu kita mempunyai ide gimana biar masyarakat itu ingat untuk minum,” ujarnya kepada Kabar6.com di Gedung Graha Widya Bhakti, Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Jalan Raya Puspiptek, Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Selasa (1/10/2019).

Nisa menjelaskan, botol tersebut nantinya akan berbunyi kurang lebih setiap sejam sekali untuk mengingatkan kita minum.

“Dan yang kedua adalah saat botol tersebut habis, yang dasarnya berdasarkan kebutuhan normal manusia untuk mengonsumsi air sebesar 2,4 liter perhari,” ungkapnya.

Botol tersebut, lanjut Nisa, memiliki kapasitas 600 mililiter. “Jadi untuk memenuhi kebutuhan air, hanya membutuhkan 4 kali minum dari botol tersebut,” jelasnya.

Nisa mengharapkan, semoga inovasi tersebut menjadi product yang membantu masyarakat, dan pasti tujuannya adalah untuk mengingatkan minum kepada pemiliknya agar terhindar dari dehidrasi.

“Semoga nantinya product kami ini menjadi barang yang sangat berfungsi untuk masyarakat banyak, dan membantu masyarakat untuk memperhatikan kesehatan tubuhnya melalui kebutuhan air minum,” jelasnya.

**Baca juga: Ini Daftar Universitas Terseleksi di Proyek Inovasi Puspiptek.

Saat ditanya optimis tidaknya lolos ke 3 besar lomba Innovation Product, salah satu temannya Given mengatakan, dirinya bersama timnya optimis mampu lolos ke 3 besar lomba Innovation Product.

“Iya kita optimis pak,” pungkasnya.(eka)

Berita Terbaru