oleh

Program TKI Mandiri Bikin TKI Kebingungan di Terminal F BSH

Kabar6-Penerapan program Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mandiri atau kepulangan TKI melalui Terminal 2 F Kedatangan Bandara Soekarno Hatta (BSH) Tangerang, kiranya justru membingungkan para TKI.

Hal itu terlihat dalam hari pertama proses sosialisasi program TKI mandiri yang mulai digelar oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di BSH, Rabu (26/12/2012).

Salah satu faktor yang mengakibatkan
Para TKI tersebutbingung karena minimnya alat sosialisasi, seperti petunjuk arah dari pesawat menuju terminal F BSH.

Kasubid BNP2TKI, Budiman Pasaribu mengatakan bahwa sosialisasi tersebut mengacu pada kebijakan Kementrian Tenaga Kerja Indonesia, sebagaimana diatur dalam Peraturan Mentri (Permen) No. 16 Tahun 2012.

“Prograkm ini juga sudah disosialisasikan kepada para TKI melalui KBRI disejumlah negara yang menjadi kantong para TKI,” ujar Budiman.

Sementara, H. Fatwa, salah seorang TKI yang bekerja di Arab Saudi mengaku tidak mengetahui tentang kebijakan terkait program TKI mandiri tersebut.

“Jujur saya bingung dengan ketentuan itu. Karena turun dari pesawat harus langsung ke terminal F. Padahal biasanya, TKI pulang sudah diatur semua oleh BNP2TKI,” ujar H. Fatwa.

Yan hari ini merupakan hari pertama diberlakukannya sosialisasi atas program TKI mandiri yang digagas oleh pihak Kementrian Tenaga Kerja RI.

Lewat program tersebut, nantinya TKI bisa langsung pulang ke kampung halamannya, tanpa harus melalui BNP2TKI lagi.(rani/ali)

Berita Terbaru