oleh

Program Lamban, Wali Kota Tangerang Akui Karena Masalah Data

Kabar6-Wali Kota Arief R Wismansyah menginstruksikan kepada seluruh OPD dan kecamatan untuk mempercepat implementasi e-government guna mempermudah akses dan integrasi data dari setiap OPD melalui Aplikasi Tangerang Satu Data.

“Terkadang banyak kendala atau atau urusan-urusan bahkan program kita ini terlambat karena masalah data. Karena itu digagaslah Tangerang Satu Data yang merupakan Big Data Kota Tangerang,” ujar Arief di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (18/07/2022).

Arief menjelaskan pemanfaatan Big Data melalui Aplikasi Tangerang Satu Data ini diharapkan dapat mempercepat sistem pelayanan dan informasi dari pemerintah kepada masyarakat Kota Tangerang.

“Yang kita layani kan cuma satu kan yaitu masyarakat Kota Tangerang, karena basisnya sama maka rujukan datanya juga harus tersentralistik. Nah, pelayanannya yang desentralisasi, selama ini yang bikin lama kan karena tiap OPD punya data sendiri-sendiri,” jelasnya.

**Baca juga: Hipmi Dorong Mahasiswa Tangerang Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Indri Astuti, menerangkan bahwa Aplikasi Tangerang Satu Data merupakan pendetilan dari Aplikasi Satu Data Indonesia yang sesuai dengan Perpres No.39 Tahun 2019.

“Ada pengembangan data yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang sesuai dengan arahan Pak Wali yaitu kita akan bangun yang namanya Big Data,” tandasnya. (Oke)