Program Berobat Gratis, WH : Itu Cita-cita Saya Untuk Bantu Warga Banten

kabar6.com
Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Andika Hazrumy.(ist)

Kabar6-Gubernur Banten, Wahidin Halim menyambut baik dukungan yang disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Banten, Ahmad Subadri, terkait kebijakan untuk memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat miskin dan rentan miskin di seluruh Banten.

Gubernur yang akrab disapa WH itu menambahkan, bila kebijakannya tersebut bukan untuk menentang kebijakan kesehatan yang telah diatur oleh Pemerintah Pusat. Namun sebagai Gubernur beserta jajarannya di Prov Banten, WH menyebut dirinya memiliki tanggungjawab moral dan kerap menyaksikan sendiri kondisi warga masyarakatnya.

“Masa warga sakit masih ditolak RS. Padahal kan Rumah Sakit Umum Negeri dan swasta banyak sekali di Banten, kok warga saya gak bisa masuk. Kan warga yang sakit tidak akan berbarengan,” tegas WH.

Ditambahkan, program kesehatan gratis yang digagasnya tersebut bertujuan untuk mencover keadaan yang sedang terjadi saat ini. Sementara yang lainnya, masih tetap terintegrasikan dengan program kesehatan JKN.

Meski demikian, WH juga tak menampik bila untuk mengintegrasikan program kesehatan gratis dengan JKN yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, tidak serta merta seluruh masyarakat terlayani. Tidak sedikit kekurangan yang ada di BPJS saat ini.

“Misalnya, masyarakat Kabupaten Lebak, tidak bisa dilayani oleh rumah sakit yang ada di Tangerang. Sementara fasilitas kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, hanya ada di Rumah Sakit Tangerang tersebut. Ini kan memerlukan proses dan waktu yang lama lagi,” tambahnya.

Sedangkan program yang digagas Pemprov Banten memungkinkan berobat dimana saja. “Bahkan berobat diluar Banten, tidak perlu SKTM. Kalau pakai SKTM nantinya banyak calo lagi,” ujarnya berseloroh.

Adapun dukungan dari Menkes tersebut, akhirnya menjawab apa yang selama ini diusulkan dan diinginkan oleh Gubernur Banten, yaitu program Kesehatan gratis bagi warga masyarakat Banten cukup dengan menggunakan KTP.

Ditegaskan Gubernur Banten, bahwa hal ini bukan hanya sekedar memenuhi janji politik dirinya ketika mencalonkan sebagai Gubernur Banten. Tetapi, merupakan cita-citanya untuk membantu warga masyarakat, khususnya masyarakat tidak mampu untuk berobat secara langsung ke seluruh RS yang ada di Prov Banten.**Baca juga: Menkes dan DPD Dukung Kebijakan Gubernur Banten Soal Berobat Gratis.

“Sejak dalu, saya memang sudah niat kalau jadi Kepala Daerah saya akan menggratiskan biaya kesehatan, biaya pendidikan, dan bangun infrastruktur yang bagus. Kasihan masyarakat itu, kalau sakit harus melalui prosedur panjang,” katanya.(BL/hms)