oleh

Prihatin, Anak-anak di Pulau Elcho Gemar Hirup Uap Bahan Bakar Pesawat

Peringatan bahaya menghirup uap bahan bakar pesawat.(abc.net.au)
Peringatan bahaya menghirup uap bahan bakar pesawat.(abc.net.au)

Kabar6-Ada hobi yang cukup memprihatinkan menimpa puluhan bocah di di Pulau Elcho, Australia. Mereka memiliki kebiasaan menghirup uap bahan bakar pesawat. Tidak heran jika kadar timbal dalam tubuh anak-anak tersebut tergolong tinggi.

Hal yang yang memuat miris, dilansir abc.net.au, mereka  nekat mencuri avgas dari tangki bahan bakar pesawat terparkir di Pulau Elcho demi memenuhi kegemaran tersebut. Ulah mereka itu terekam oleh kamera pengawas.

Pulau Elcho.(Australian Indigenous Astronomy)
Pulau Elcho.(Australian Indigenous Astronomy)

Diketahui, avgas adalah salah satu bahan bakar yang masih mengandung timbal cukup tinggi buat menggenjot nilai oktan. Maka dari itu jika rutin dihirup sangat berbahaya untuk kesehatan.

Kecanduan menghirup uap avgas mengakibatkan sembilan anak dan satu orang dewasa dilarikan ke Rumah Sakit Royal Darwin, guna mendapat perawatan medis. “Ini adalah keadaan darurat kesehatan masyarakat. Kita khawatir karena banyaknya anak-anak dengan kadar timbal tinggi dalam darah,” kata dr. Lucas de Toca, kepala petugas kesehatan untuk Miwatj Health. ** Baca juga: Rodrigo Nekat Ubah Warna Mata Demi Mirip Boneka Ken

Sementara pemimpin Yolngu di Pulau Elcho yang sangat prihatin dengan kondisi tersebut, mengajak masyarakat sekitar bertemu untuk mengakhiri masalah kecanduan avgas pada anak-anak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru