oleh

Pria pun Bisa Merasa Sedih Usai Bercinta

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setiap orang tentu mengakui bahwa seks mampu mempererat hubungan suami istri. Meskipun demikian, bagi sebagian orang, aktivitas ini justru membuat mereka merasa sedih, cemas bahkan depresi.

Kondisi inilah yang disebut sebagai Post Coutal Dysphoria (PCD) atau kegelisahan dan ketidakpuasan dalam hidup usai bercinta. Dilansir Sindonews dari Medical Daily, penelitian yang dilakukan Queensland University of Technology (QUT) di Australia menunjukkan bahwa PCD tak hanya dialami wanita tapi juga pria.

Kondisi yang disebut juga dengan seks blues ini memiliki gejala seperti perasaan sedih yang teramat sangat, gelisah hingga menangis histeris. Menangis yang histeris bukan disebabkan karena hubungan seks yang tidak memuaskan, namun karena hubungan fisik dan emosional saat penetrasi seks usai.

Perasaan ini biasanya akan berlangsung selama lima menit hingga dua jam. Penelitian sebelum menemukan, setengah dari wanita mengaku mengalami PCD sekali dalam seumur hidup. Kondisi ini biasanya terjadi selama beberapa kali dalam empat Minggu terakhir.

“Setiap orang menganggap bahwa kesenangan pasca bercinta wajar dan mutlak terjadi. Padahal setelah aktivitas seksual ada fase yang disebut ‘resolusi’,” papar Robert Schweitzer, kepala peneliti sekaligus professor di QUT.

Hingga saat ini, menurut Robert, penyebab PCD masih belum diketahui. Namun penelitian dalam Sexual Medicine Journal mengatakan bahwa PCD disebabkan oleh fluktuasi hormon bahagia seperti endorphin, oksitosin dan prolactin mencapai level tertinggi pada tubuh.

Setelah mencapai orgasme, hormon tersebut secara perlahan akan menurun. Perubahan hormon ini yang menyebabkan kondisi emosional sehingga beberapa wanita merasakan sedih. “Ada sebuah anekdot yang menyebutkan bahwa bukti bahwa PCD tidak lazim ditemukan pada pria ataupun wanita,” pungkasnya. ** Baca juga: Sudah Tahukah Anda 4 Fakta Tentang Kamasutra?

Pernahkah Anda juga mengalaminya? (ilj/bbs)

Berita Terbaru