Pria Lulusan SMP di Banten Pesan bahan Baku Ekstasi Dari Belanda Pakai Bitcoin

Ilutrasi (ist)

Kabar6-RU (30), pria lulusan SMP ini ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten. Itu lantaran RU memesan bahan baku pembuatan ekstasi jenis MDMA seberat 5,8 gram dari negeri Belanda lewat online.

“MDMA dimaksud merupakan inti bahan untuk pembuatan ekstasi. Ini pesanan dilakukan melalui online dari negeri Belanda. Dari enam gram ini, bisa menghasilkan 600 butir ekstasi,” kata Kepala BNNP Banten, Brigjen Pol Muhamad Nurochman, Jumat (02/02/2018).

Untuk mengantisipasi adanya jaringan internasional, kasus itu akan dilaporkan ke BNN Pusat, yang khusus memperdagangkan bahan baku pembuatan ekstasi itu.

“Kasus ini akan kita kembangkan. Pengakuannya baru satu kali pembelian. Kalau diluar negeri, ini (MDMA) itu (dijual) bebas,” jelasnya.

RU memesan melalui website khusus yang membayarkan dengan bitcoin. Menurut keterangan tersangka kepada BNNP Banten, baru sekali membeli bahan baku ekstasi.

“Kalau dia membelinya secara banyak, akan menjadi perhatian,” terangnya.**Baca juga: Objek Wisata di Lebak Sepi Pasca Gempa Bumi.

RU ditangkap pada Rabu, 31 Januari 2018, sekitar pukul 11.30 wib di kantor Pos Tangerang Selatan (Tangsel). BNNP Banten berhasil meringkus tersangka, setelah mendapatkan laporan dari Bea Cukai, mengenai adanya kiriman barang melalui ekspedisi jalur Belanda.(Dhi)