oleh

Pria Ini Pecahkan Rekor Tidak Tidur Selama 264,4 Jam

Kabar6-Seorang pria bernama Randy Gardner menjadi pemegang rekor sebagai manusia terlama tanpa tidur. Gardner yang lahir pada 1948, dan saat itu tercatat sebagai siswa sekolah menengah di San Diego, California, tidak tidur selama 264,4 jam atau sekira 11 hari dan 25 menit.

Bagaimana ia dapat memecahkan rekor tersebut? Melansir Quora, pada akhir Desember 1963, Randy Gardner (17) meminta dua temannya, Bruce McAllister dan Joe Marciano, untuk membantu melakukan proyek dalam pameran sains. Ya, Gardner akan mengalahkan rekor hari terlama tanpa tidur. Pertanyaan tentang berapa lama seseorang bisa tanpa tidur adalah masalah beberapa perdebatan pada masa itu. Banyak orang percaya, kurang tidur bisa langsung berakibat fatal.

Eksperimen tingkat tinggi pernah membuat kucing terjaga selama 15 hari berturut-turut. Tetapi seperti dikatakan McAllister kepada BBC bertahun-tahun kemudian, ‘studi kejam’ itu gagal untuk memperhitungkan fakta bahwa kucing tidak hanya terus terjaga, mereka tetap terjaga dengan stimulan yang bisa mendatangkan malapetaka pada sistem internal.

Bersama keduanya temannya, Gardner bertekad untuk memenangkan lencana pameran sains itu. Eksperimen tersebut menjadi semacam sensasi nasional. Faktanya, untuk waktu yang singkat, kisah ketiganya paling banyak ditulis di pers Amerika, setelah pembunuhan Presiden Kennedy dan perjalanan bersejarah The Beatles ke Amerika.

Karena itu juga, seorang peneliti tidur terpercaya bernama Dr. William Dement mendengar tentang eksperimen dan datang untuk membantu mereka. Sepanjang waktu, Dement dan rekan-rekannya melacak dengan tepat bagaimana pikirannya melakukan serangkaian tes kognitif dan sensorik. Setelah dua hari tanpa tidur, ia mulai mengalami masalah mengulangi pembelit lidah sederhana dan ia tidak mampu mengidentifikasi objek dengan sentuhan.

Inderanya tampak meningkat, dan Gardner menjadi peka terhadap aroma yang kuat. Pada hari kelima, Gardner berhalusinasi, dan dia segera mulai kesulitan membentuk ingatan jangka pendek. Tetapi tidak semuanya menjadi menurun. Teman-teman Gardner menggunakan aktivitas fisik untuk membuat pemuda tadi tetap terjaga, dan permainan bola basketnya benar-benar membaik selama satu setengah minggu tanpa tidur itu.

Pada hari kesebelas, ketika dia diminta untuk mengurangi tujuh berulang kali, dimulai dengan 100, dia berhenti di 65. Ketika ditanya mengapa berhenti, Gardner menjawab bahwa dia lupa apa yang dilakukan.

Pada hari terakhirnya, Gardner memimpin konferensi pers di mana dia berbicara tanpa mengomel atau tersandung kata-katanya dan secara umum tampak sehat-sehat saja. “Aku ingin membuktikan bahwa hal-hal buruk tidak terjadi jika kamu beraktivitas tanpa tidur,” kata Gardner.

Beberapa hal terjadi setelah percobaan selesai. Pertama, Gardner dan teman-temannya memenangkan juara pertama dalam pekan sains itu. Prestasi mereka diabadikan dalam Guinness Book of World records.

Namun di sisi lain, seiring berjalannya waktu, Gardner semakin menyesali percobaannya. Pada akhir 2000-an, Gardner mulai mengalami insomnia setiap malam. Tidak ada cara untuk mengatakan dengan pasti, tetapi Gardner yakin alasannya adalah aksi saat remaja.

Gardner menderita ketidakmampuan berulang untuk tidur selama beberapa tahun hingga akhirnya menjadi rutinitas yang lebih andal. Dia hanya menikmati sekira enam jam tidur per malam hari ini.

Menurut laporan beberapa sumber, rekor Gardner dipecahkan sebulan kemudian oleh Toimi Soini, di Hamina, Finlandia, yang tetap terjaga selama 11,5 hari, atau 276 jam dari 5-15 Februari 1964, dan rekor Guinness World Records adalah 449 jam oleh Maureen Weston, dari Peterborough, Cambridgeshire, Inggris pada April 1977 dalam sebuah maraton kursi goyang.

Karena kebijakan untuk tidak mempertahankan rekor ini, edisi Guinness edisi terbaru tidak memberikan informasi apa pun tentang kurang tidur. ** Baca juga: Gokil! Pria India Ini Gunakan Senpi untuk Potong Kue Ultah

Baru-baru ini Tony Wright pada 25 Mei 2007, dilaporkan telah melampaui prestasi Randy Gardner dalam keyakinan nyata bahwa catatan Gardner belum dikalahkan. Dia menggunakan video 24 jam untuk dokumentasi.

The Australian National Sleep Research Project mengatakan, catatan untuk kurang tidur adalah 18 hari, 21 jam, 40 menit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru