oleh

Pria Denmark Temukan 22 Keping Emas Zaman Pra-Viking Seberat Satu Kilogram

Kabar6-Saat tengah mencoba detektor logam baru untuk pertama kalinya, seorang pemburu harta karun amatir asal Denmark bernama Ole Ginnerup Schytz menemukan sebanyak 22 keping emas zaman pra-Viking seberat hampir satu kilogram, yang telah tersembunyi selama 1.500 tahun.

Museum lokal menyebut, penemuan emas di Vindelev, dekat kota Jelling, Denmark, itu sebagai ‘salah satu harta emas terbesar, terkaya dan terindah dalam sejarah Denmark’.

Schytz mengatakan, penemuan itu ‘sepenuhnya keberuntungan’. Setelah mendengar bunyi ‘bip’ dari detektor logamnya, melansir Dailymail, Schytz menggali sedikit tanah saat pria itu merasakan sepotong kecil logam di antara jari-jarinya. “(Tanah) itu penuh puing dan lumpur,” ujar Schytz. “Saya tidak tahu tentang itu, jadi satu-satunya hal yang dapat saya pikirkan adalah bahwa itu tampak seperti tutup kaleng ikan haring.”

Ia terus menggali hingga menemukan total sebanyak 22 benda emas, seberat hampir satu kilogram. “Luas Denmark adalah 43 ribu kilometer persegi, dan kemudian saya memilih untuk menempatkan detektor persis di mana penemuan ini,” terang Schytz. ** Baca juga: Lihat Sang Istri Tampil Tanpa Riasan, Pria Mesir Ini Gugat Cerai

Selanjutnya, penggalian telah dilakukan di situs tersebut oleh para arkeolog dari Vejlemuseerne Denmark, bekerjasama dengan para ahli Museum Nasional dan dengan dana dari Badan Istana dan Kebudayaan. Para arkeolog menemukan harta karun itu terkubur di sebuah rumah panjang di sebuah desa oleh salah satu kepala klan Denmark sekira 1.500 tahun yang lalu.

Menurut perkiraan para peneliti, bencana iklim saat itu menyebabkan penduduk Denmark menolak penguasa lama dan mengubur banyak emas selama periode ini untuk menyelamatkannya dari musuh, atau mungkin untuk menenangkan para dewa.(ilj/bbs)