oleh

Presidium Anggap Formasi Timsel Sekda Tangsel Blunder

Kabar6-Penunjukan sosok Ketua Forum Coorporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Ali Samson Pane mendapat sorotan sinis.

Pejabat di lingkungan pengembang kawasan BSD City itu dianggap tak laik masuk ke dalam satu dari lima nama tim Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris Daerah (Sekda).

Alasannya, masih ada tokoh-tokoh lainnya di Kota Tangsel yang lebih pantas digandeng untuk ikut menyeleksi calon pengganti Dudung E Diredja.

“Ini yang membuat heran dan jadi pertanyaan kami, justru kenapa mengambil Forum CSR. Secara keilmuan juga ketohohan adalah bapak Zarkasih Noor,” kata salah satu presidium pendirian Kota Tangsel, Rasyud Syakir, Minggu (5/4/2015).

Ia menilai, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel telah keliru dalam menentukan lima nama Tim Pansel Sekda. Selama menjaring dan menyeleksi birokrat untuk menggantikan posisi Dudung bukan pekerjaan mudah.

Rasyud bilang, peranan orang nomor satu di kalangan Pegawai Negeri Sipil punya posisi strategis. Oleh karena itu, calon kandidat harus benar-benar handal dan akuntabilitasnya meski mumpuni.

Sebab, lanjutnya, posisi sekda juga dapat menjadi penentu mendorong kemajuan atau bobroknya suatu daerah.

“Maka untuk menentukan hasil baik harus diseleksi dari orang-orang yang mumpuni dan memamahi birokrasi,” tegasnya.

Rasyud mengaku, daya kritis ini yang dilontarkan oleh masyarakat sebagai bentuk kecintaan kepada Tangsel. Maka tidak ada salahnya memberikan pencerahan sesusi dengan porsinya.

Ini demi menghindari terjadinya kesalahan atau blunder yang dilakukan Pemkot Tangsel.

“Penguji calon sekda nanti harus memahami tatalaksana birokrasi pemerintah. Bagimana kemudian bila nanti penguji tidak memahami soal itu,” klaimnya.

Apalagi tenggat waktu yang tersedia terlalu singkat. Dudung sudah memasuki masa purna bhakti atau pensiun pada Juli mendatang. **Baca juga: Kriteria Ideal Tim Pansel Sekda Tangsel Versi Akademisi.

Diinformasukan kabar6.com sebelumnya, empat nama Tim Pansel Sekda Tangsel lainnya yaitu, Dudung E Diredja juga dipandangnya dapat mempengaruhi independensi tim dalam menentukan calon yang akan menggantikannya.

Kemudian Asisten Daerah I Sekretariat Daerah Kota Tangsel Bidang Tata Pemerintahan Ismunandar. Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinsi Banten, Cepi Safrul.serta Rektor Institut Teknologi Indonesia (ITI) Isnuwardianto.(yud)

Berita Terbaru