oleh

Praktis, Menu Sahur yang Jadikan Anda Lebih Berenergi Selama Puasa

Kabar6-Sebelum menjalankan ibadah puasa, Anda tentu akan santap sahur, yang akan lebih maksimal lagi jika mengonsumsi makanan sehat, sehingga memberikan energi pada siang hari hingga sore menjelang waktu berbuka.

Apa saja menu sahur yang praktis, namun tetap dapat memberikan banyak energi untuk tubuh? Melansir Femalesia, berikut lima rekomendasi menu sahur yang dimaksud:

1. Pisang dan selai kacang
Selai kacang merupakan sumber protein yang sangat baik dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Dikombinasikan bersama pisang, keduanya punya efek mengenyangkan.

Oleskan selai kacang di atas roti gandum lalu tambahkan irisan pisang. Selain membantu merasa kenyang, pisang juga bisa membantu mencegah keinginan ngemil di pagi hari.

2. Oat
Oat merupakan sumber serat baik yang memperlambat pelepasan energi, membuat tubuh jadi merasa kenyang lebih lama. Menu sahur bisa coba membuat oat dimasak dengan susu untuk memberikan efek yang lebih mengenyangkan.

Beri pemanis alami dengan menuangkan sedikit madu. Bisa juga dicampur beberapa buah kering dan taburan biji labu. ** Baca juga: Mana yang Lebih Diutamakan Saat Puasa, Asupan Bergizi atau Olahraga?

3. Bubur quinoa
Quinoa adalah sumber protein dan serat lengkap vegetarian dan merupakan alternatif bebas gluten yang bagus. Bisa dimasak dengan menggunakan santan lalu ditambahkan beberapa potong dadu apel dan taburan bubuk kayu manis.

4. Yoghurt parfait
Yoghurt parfait dibuat dengan mencampurkan yoghurt frozen plain (tanpa rasa) siap saji yang ada di supermarket, masukkan ke wadah mangkuk, lalu tambahkan topping sehat seperti stroberi, bluberi, raspberi (buah-buah beri), dan granola.

5. Telur rebus
Telur rebus salah satu sumber protein dan vitamin D yang sehat. Agar lebih berselera, konsumsi telur rebus dengan cara memasukkannya sebagai isian roti panggang, tambahkan dengan irisan tomat untuk menambah asupan serat.

Memilih menu sahur yang tepat memberikan energi sukup selama Anda menjalankan ibadah puasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru