oleh

PPP Lebak Dukung Pemerintah Realokasi Dana Desa untuk Penanganan Covid-19

Kabar6-Wakil Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Lebak Musa Weliansyah, mendukung rencana pemerintah yang akan memanfaatkan dana desa (DD) untuk membantu penanganan Covid-19.

“Saya kira tidak ada masalah ketika pemerintah mengurangi dana desa, karena ini kepentingan negara untuk menyelamatkan nyawa rakyat Indonesia,” kata Musa kepada Kabar6.com, Rabu (25/3/2020).

Menurutnya, rencana pemerintah merealokasi dana desa sudah tepat ketimbang pemerintah harus berhutang.

“Karena ini sipatnya urgen dan untuk kepentingan rakyat secara umum. Kecuali pemerintah pusat masih bisa mencari dari pos anggaran yang lain, tetapi jika sudah tidak ada sata mendukung realokasi dana desa,” terang Musa.

Jika nantinya kebijakan ini diambil, Musa meminta pemerintah desa tidak mengabaikan kualitas pembangunan, hanya lakukan pengurangan volume saja.

“Karena jauh lebih penting menyelamatkan nyawa rakyat daripada membangun jalan untuk sat ini. Kalau ini sudah kebijakan pemerintah sah dan tidak masalah, mari kita lebih melihat pada skala prioritas,” jelasnya.

Sebelumnya, rencana pemerintah ini mendapat kritik dari pemerintah desa di Kabupaten Lebak.

Ketua Apdesi Lebak Bedah Khaerunisa, berharap, pemerintah bisa menganggarkan dari anggaran bencana dan belanja tak terduga.

“Kami tidak setuju jika dana desa dipangkas untuk penanganan Corona karena dana desa sudah direncanakan pada tahun sebelumnya,” kata Bedah.

Tetapi, jika realokasi anggaran tetap dilakukan pemerintah, maka, hal yang segera akan dilakukan oleh pemerintah desa adalah musyawarah desa bersama warga.**Baca juga: Sungai Ciberang Meluap, Warga Khawatir Banjir Bandang.

“Kami harus merubah APBDes dan lain-lain karena akan pasti ada banyak rencana yang berubah dan tidak terealisasi. Jangan sampai masyarakat salah menyikapi dan timbul dugaan tidak baik karena yang semula akan dibangun lalu batal,” jelasnya.(Nda)

Berita Terbaru