oleh

PPDB Online 2019 di Tangsel Prioritaskan Zonasi Nilai Akademik

Kabar6-Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie menyebutkan, dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP Negeri lebih memprioritaskan jalur nilai akademik. Tahun Ajaran 2019 ini kuota yang tersedia sebanyak 7000 kursi dari 22 sekolah negeri yang ada.

“Itu deskresi kita, kalau dari Mendikbud itu hanya zonasi dan jarak saja,” katanya usai menghadiri acara Kelompok Kerja Kepala Sekolah di Serpong Utara, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, diskresi dalam memprioritas PPDB online tingkat SMP Negeri dituangkan dalam Keputusan Walikota No 421.3/Kep.218-Huk/2019 tentang Zonasi PPDB Online. Jalur zonasi prestasi akademik kuotanya 45 persen.

Sedangkan jalur zonasi jarak 30 persen; jalur zonasi keluarga tidak mampu, disabilitas/inkluisi dan aparatur negara 10 persen. Sisanya jalur prestasi dalam dan luar zona, perpindahan orangtua serta luar Tangsel kuota 5 persen.

“Kita lebih mementingkan kualitas supaya proses pendidikan sebelumnya ada hasilnya,” terang Benyamin.

**Baca Juga:PPDB 2019, Kuota SMP Negeri di Tangsel 7.000 Kursi.

Menurutnya, tujuan strategis lebih memprioritaskan nilai akademik agar merangsang anak-anak peserta didik bisa lebih serius dalam mengemban pendidikan formal.

“Anak-anak kita betul-bet berkompetisi di tingkat SMP-nya berkualitas betul-betul cerdas,” tambah Benyamin.

Diketahui, diskresi adalah keputusan atau tindakan ditetapkan dan atau dilakukan oleh pejabat pemerinrahan untuk mengatasi masalah konkret yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam hal peraturan perundang-undangan. (yud)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru