oleh

PPDB Dibuka 15 Juni 2022, SMKN 1 Kabupaten Tangerang Tak Terapkan Sistem Zonasi

Kaba6- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kabupaten Tangerang yang berlokasi di kecamatan Panongan, menerima sebanyak 18 rombongan belajar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun palajaran 2022-2023.

“PPDB tahun ini kami terima sekitar 18 rombel atau sebanyak 846 siswa baru,” Kepala SMKN 1 Kabupaten Tangerang Agum Aji Gumilar, kepada Kabar6.com, Kamis (09/06/2022).

Menurut Agum, persyaratan yang dibutuhkan dalam proses seleksi PPDB di SMKN dipastikan sama dengan yang berlaku di SMAN.

Namun, di SMKN 1 Kabupaten Tangerang mewajibkan kepada para calon peserta didik untuk menyerahkan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang asli.

“Persyaratannya sama saja dengan yang lain, cuma kami mewajibkan calon siswa menyerahkan SKL asli dengan tujuan supaya mereka tidak daftar ke sekolah lainnya,” katanya.

Diutarakannya, proses PPDB di SMKN yang digelar secara daring pada 15 Juni 2022 mendatang memiliki perbedaan dengan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN).

Perbedaan itu terlihat jelas dari sistem perekrutan yang digunakan. Di SMKN, kata dia, tidak menerapkan sistem zonasi seperti yang diberlakukan di SMAN.

“SMKN kenapa tidak menerapkan sistem zonasi seperti di SMAN, karena SMKN ini memiliki kekhasan tersendiri dari sisi jurusan,” tuturnya.

Diinformasikan, PPDB tahun ini SMKN 1 Tangerang membuka sedikitinya 6 jurusan, diantaranya jurusan tehnik instalasi tenaga listrik, tehnik pendingin dan tata udara, tehnik elektronika industri, tehnik komputer dan jaringan, multimedia, dan tehnik bisnis sepeda motor.

**Baca juga: Pabrik Thinner di Curug Tangerang Kebakaran

Lulusan SMKN 1 Kabupaten Tangerang juga banyak diincar oleh sejumlah perusahaan besar yang bergerak dibidang suku cadang kendaraan atau spare parts dan perusahan minuman segar yang ada di daerah itu.

Saat ini, tercatat sudah ada tiga perusahaan yang mulai merekrut siswa lulusan SMKN 1 Kabupaten Tangerang. Ketiga perusahaan besar itu antara lain, PT Mitsuba, PT Takagi dan PT Sosro.(Tim K6)