oleh

Potret Warga Miskin di Pandeglang, Sana Tinggal Sebelah Kandang Kambing

Kabar6-Sana, 38 tahun, warga Kampung Kaduapus, Desa Babadsari, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang terpaksa tinggal bersebelahan dengan kandang kambing. Itupun kondisi rumah yang sebelumnya Lantaran rumahnya sudah rusak parah.

Sana awalnya tinggal di rumahnya hampir tiga tahun. Namun dua bulan terakhir ia tinggal di sebelah kandang kambing karena kondisinya sudah tidak layak huni dan kerap bocor jika hujan turun.

Rumah yang ia sempat tinggal bersama neneknya itu sudah lama rusak dan dirinya tak bisa memperbaiki. Sementara neneknya sudah tiga tahun meninggal dunia. Kini ia tinggal seorang diri. Tak ayal kondisi ini lupa dari perhatian pemerintah.

“Tinggal di kandang cuman dua bulan, sebelumnya tinggal di rumah tiga tahun. (Tinggal di kandang kambing) karena bocor. Rumahnya sudah bocor, gak ada biayanya (untuk memperbaiki),”katanya, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, kambing dipeliharanya merupakan milik orang. Jika kambingnya beranak maka dibagi dua dengan pemilik. Sementara untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Sana hanya mengharapkan diajak bekerja oleh tetangganya yang biasa dibayar harian. Itupun tidak setiap hari. Bahkan ia mengaku terkadang sempat gak makan.

“Ya biasa-biasa saja, banyak nyamuk. Aman-aman saja, sambil ngeronda (kambing). (Kalau untuk makan) ikut kuli dengan orang sehari Rp 50 ribu. Kuli apa saja, bawain batu, terus juga jual pisang. Perah (gak makan) karena gak ada berasnya,”ungkapnya.

Sana harus tidur bersebalahan dengan hewan peliharaannya yang hanya dibatasi dengan papan kayu. Sudah pasti, Sana tiap malam menjadi santapan nyamuk dan kedinginan. Selain tidur di kandang kambingnya, Sana juga memanfaatkan untuk menjaga hewan peliharaannya dari pencuri.

**Baca juga: Pemkab Pandeglang Perbaiki Data DTKS.

Untuk saat ini kondisi Sana mencuat ke publik, Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang melalui pihak Kecamatan Jiput, baru turun ke lokasi. Sana diberikan tiker dan beras. Hati kecil Sana terus berharap memiliki tempat tinggal yang layak dan bisa nyaman untuk beristirahat. (Aep)

Berita Terbaru